Pohon 10 Meter Tumbang di Stasiun Malang, Timpa Warung hingga Mobil

Pohon 10 Meter Tumbang di Stasiun Malang, Timpa Warung hingga Mobil

Terkini | okezone | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 14:41
share

MALANG - Sebuah pohon trambesi berukuran besar di Stasiun Malang tumbang. Pohon berukuran kurang lebih 10 meter itu dengan diameter lebar mencapai satu meter lebih itu menimpa satu bangunan warung, pada Jumat (25/10/2024) sekitar pukul 10.00 WIB.

Selain merusak bangunan warung di deretan Stasiun Malang Kota, satu unit mobil dan dan roda dua sepeda motor juga terdampak pohon yang roboh. Pohon yang roboh dengan kondisi akar tercabut dan jatuh ke arah timur, membuat atap warung rusak.

Terlihat petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan BPBD Kota Malang langsung bertindak menerima laporan dar? warga. Petugas memotong pohon setinggi 10 meter, di atas warung yang mengakibatkan bangunan warung milik Supriadi, warga Jalan Kyai Tamin, Gang 5, Klojen, miring ke timur.

Ahmad Al Hisam, salah satu saksi mata menuturkan, tumbangnya pohon berawal dar? pemotongan ranting-ranting pohon oleh Bidang Penerangan Jalan dar? Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang. Pemotongan ranting-ranting pohon itu dilaksanakan sekitar pukul 10.00 WIB, agar tidak menutupi lampu penerangan jalan yang ada.

"Yang dipotong cuma satu sisi saja, yang sisi satunya nggak dipotong, otomatis pohonnya roboh ke sini (ke arah timur), sampai tercabut akarnya," kata Ahmad Al Hisam.

Hisam menambahkan, saat kejadian itu ada satu mobil dan beberapa unit sepeda motor tengah di lokasi. Sementara di dalam warung itu ada tiga orang yang tengah makan dibuat panik saat pohon roboh, dan menimpa bangunan warung.

 

"Cuaca cerah, cuma angin agak kencang, menjatuhi warung, mobil, sepeda motor, waktu itu yang makan cuma tiga orang, tidak kenapa-kenapa, langsung menyelamatkan diri," kata dia.

Sementara mobil mengalami kerusakan di bagian kap depannya. Mobil ringsek tertimpa dahan pohon besar. Robohnya pohon juga tak membuat aktivitas stasiun terganggu.

Sebab ada jarak 7 meter antara bangunan warung yang rusak dengan bagian dalam stasiun. Tapi sempat terjadi kepanikan warga sekitar dan penumpang kereta api yang akan berangkat dan tiba. Petugas gabungan hingga pukul 13.05 WIB, masih melakukan evakuasi pohon yang tumbang di dekat pintu keluar stasiun.

Topik Menarik