4 RS Lebanon Terpaksa Ditutup karena Israel Bombardir Fasilitas Kesehatan, Puluhan Staf Medis Tewas

4 RS Lebanon Terpaksa Ditutup karena Israel Bombardir Fasilitas Kesehatan, Puluhan Staf Medis Tewas

Berita Utama | okezone | Minggu, 6 Oktober 2024 - 12:45
share

LEBANON - Setidaknya empat rumah sakit (RS) di Lebanon mengumumkan pada Jumat (4/10/2024) bahwa mereka menghentikan pekerjaan medis karena serangan Israel. Sebuah organisasi kesehatan yang berafiliasi dengan Hizbullah mengatakan bahwa 11 paramedis telah tewas dalam 24 jam terakhir.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) penutupan keempat rumah sakit tersebut merupakan puncak dari dua minggu serangan Israel terhadap rumah sakit dan petugas kesehatan di Lebanon yang telah menutup sedikitnya 37 fasilitas dan menewaskan puluhan staf medis.

Pada Jumat (4/10/2024) malam, tentara Israel mengeluarkan pernyataan yang menuduh bahwa Hizbullah menggunakan kendaraan medis untuk mengangkut pejuang dan senjata, dengan peringatan bahwa mereka akan menyerang kendaraan apa pun yang diduga digunakan untuk keperluan militer.

Staf rumah sakit di Lebanon selatan mengatakan kepada BBC bahwa fasilitas kesehatan yang merawat warga sipil yang terluka telah diserang langsung oleh Israel. BBC telah menghubungi Pasukan Pertahanan Israel (IDF) untuk memberikan komentar.

Dr Mounes Kalakish, direktur rumah sakit pemerintah Marjayoun di Lebanon selatan, mengatakan kepada BBC bahwa rumah sakit tidak punya pilihan selain tutup pada Jumat (4/10/2024)setelah serangan udara menghantam dua ambulans di pintu masuk rumah sakit pada hari Jumat, menewaskan tujuh paramedis.

"Para perawat dan dokter ketakutan," katanya. "Kami mencoba menenangkan mereka dan terus bekerja, tetapi itu tidak mungkin,” lanjutnya.

Direktur darurat rumah sakit, Dr Shoshana Mazraani, mengatakan dia sedang duduk di depan gedung ketika serangan itu terjadi. Dia mendengar teriakan paramedis yang terkena serangan dan berlari ke arah ambulans yang rusak, tetapi diperingatkan untuk tetap tinggal oleh rekan-rekannya karena takut akan serangan susulan.

 

Dr. Mazraani menjelaskan rumah sakit Marjayoun sudah hampir mati, dengan tim inti yang hanya terdiri dari 20 dokter yang tersisa dari 120 staf pusat yang biasa bertugas. Penutupan pada hari Jumat merupakan tragedi bagi wilayah tersebut.

"Kami melayani populasi yang sangat besar di sini, banyak desa. Kami memiliki 45 tempat tidur rawat inap, semuanya sekarang kosong. Kami adalah satu-satunya rumah sakit yang menyediakan dialisis di wilayah tersebut, misalnya. Kami harus menolak pasien gawat darurat dan menyuruh yang lain pergi,” ungkapnya.

Rita Suleiman, direktur keperawatan di rumah sakit Saint Therese, di pinggiran selatan Beirut, mengatakan kepada BBC bahwa rumah sakit tersebut juga berjuang setelah rusak parah akibat pemogokan pada hari Jumat tetapi kemudian terpaksa menghentikan semua layanan.

Rumah sakit lain tetap beroperasi dengan layanan yang sangat terbatas. Dr. Mohammed Hamadeh, direktur rumah sakit Tebnine, mengatakan kepada BBC pada Jumat (4/10/2024) bahwa pemogokan di dekatnya telah mengguncang gedung tersebut.

"Ledakan itu sangat dekat," katanya. “Kami masih berusaha beroperasi tetapi kami tidak dapat meninggalkan rumah sakit karena terlalu berbahaya,” ujarnya.

Pada Jumat (4/10/2024) malam, rumah sakit Salah Ghandour di Bint Jbeil mengumumkan telah ditutup setelah dibombardir dengan keras, menyusul perintah dari tentara Israel untuk mengungsi.

Tentara Israel mengatakan mereka menargetkan sebuah masjid yang berdekatan dengan rumah sakit yang mereka klaim digunakan oleh pejuang Hizbullah.

Serangan terhadap fasilitas kesehatan tidak terbatas di selatan Lebanon. Israel menyerang sebuah pusat medis di pusat kota Beirut pada Kamis (3/10/2024) milik Organisasi Kesehatan Islam yang terkait dengan Hizbullah, menewaskan sembilan orang dan melukai 14 orang. Tentara Israel mengatakan serangan itu menargetkan aset teroris.

 

Palang Merah Lebanon mengatakan pada Kamis (3/10/2024) bahwa empat paramedisnya terluka dalam sebuah serangan terhadap konvoi yang mengevakuasi pasien, meskipun organisasi tersebut berkoordinasi dengan tentara Israel.

"Petugas kesehatan dan bantuan harus dapat membantu mereka yang membutuhkan tanpa takut akan keselamatan mereka sendiri. Tim dari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah adalah penyelamat, mendukung masyarakat tanpa lelah, mereka harus dilindungi,” terang Gabriel Karlsson, manajer negara di Beirut untuk Palang Merah Inggris, kepada BBC:

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pada Kamis (3/10/2024) bahwa 28 petugas kesehatan telah tewas di Lebanon selama 24 jam sebelumnya, dan banyak staf kesehatan lainnya tidak lagi masuk kerja karena pemogokan tersebut.

Dr Kalakish, direktur rumah sakit Marjayoun, mengatakan kepada BBC bahwa sebelum pemogokan yang menyebabkan rumah sakitnya ditutup, rumah sakit tersebut sudah beroperasi tanpa ahli anestesi atau spesialis lainnya.

Beberapa staf telah melarikan diri dari pemboman demi keselamatan mereka sendiri, katanya, sementara yang lain telah dicegah mencapai rumah sakit karena serangan udara di jalan-jalan di dekatnya.

Menteri Kesehatan Lebanon Firass Abiad mengatakan pada hari Kamis bahwa 97 petugas penyelamat telah tewas sejak Hizbullah dan Israel mulai bertempur Oktober lalu.

Lebih dari 40 dari paramedis dan petugas pemadam kebakaran tewas hanya dalam waktu tiga hari pada minggu lalu.

Topik Menarik