Profil 2 Jenderal Polri Termuda, Sama-Sama Jebolan Akpol 1999

Profil 2 Jenderal Polri Termuda, Sama-Sama Jebolan Akpol 1999

Nasional | okezone | Minggu, 29 September 2024 - 11:06
share

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara pelantikan dan serah terima jabatan pejabat utama serta sejumlah Kapolda di Gedung Rupatama, Jakarta Selatan, Sabtu, 28 September 2024. 

Selain serah terima jabatan, Kapolri juga meminpin upacara Korps Raport atau kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi. 

Dalam Korps Raport tersebut, terdapat dua personel Polri yang menyandang status sebagai Jenderal bintang satu termuda. Yakni, Brigjen Dedy Murti Haryadi dan Brigjen Dwi Agus Prianto. Mereka berdua sama-sama jebolan Akpol 1999.

Brigjen Dedy Murti sendiri sebelumnya menjabat sebagai Koorspripim Polri, yang kini menempati posisi Penyidik Tindak Pidana Utana Tk. II Bareskrim Polri.

Sementara, Brigjen Dwi Agus Prianto saat ini menjabat sebagai Direktur Komunikasi Sosial Deputi Bidang Komunikasi dan Informasi BIN. Keduanya bersamaan dilantik oleh Kapolri dalam upacara tersebut. 

Dedy Murti sendiri merupakan personel kepolisian lulusan Akpol 1999. Pria tersebut merupakan kelahiran 15 Desember 1977. 

Ia sendiri pernah menjabat sebagai Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya. Dedy Murti sendiri pernah mengisi sejumlah jabatan di Polda Metro Jaya. 

Dedy Murti juga menjadi satu dari tiga personel kepolisian yang mendapatkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika Hari ke-78 Bhayangkara di Monas, pada Senin, 1 Juli 2024. 

Sementara, Brigjen Dwi Agus Prianto juga merupakan Letting Akpol 1999. Ia merupakan polisi kelahiran 30 Agustus 1977. 

Dwi Agus tercatat pernah menjabat sebagai Kapolres Tegal. Ia juga pernah menempati posisi sebagai Wakil Kepala Sekolah Polisi Negara Purwokerto. 

 

Sebelumnya, dalam upacara itu, ada dua jabatan baru yang dikukuhkan yakni Asisten Utama Kapolri Bidang Operasi (Astamaops) dan Asisten Utama Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Anggaran (Astamarena).

"Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara pelantikan dan serah terima jabatan pejabat utama Mabes Polri Dan para Kapolda, serta upacara laporan kenaikan pangkat ke dan dalam golongan Pati Polri," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Erdi A Chaniago dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (28/9/2024).

Kapolri melantik sekaligus serah terima jabatan empat Kapolda baru dan 29 Anggota Polri yang mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

Kapolri juga mengkukuhkan jabatan baru yaitu Astamaops Kapolri dan Astamarena Kapolri yang sebelumnya bernama Asops Kapolri dan Asrena Kapolri.

Kedua jabatan baru tersebut dijabat oleh jenderal bintang tiga atau Komisaris Jenderal, yakni Astamaops dijabat Komjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca dan Komjen Pol Wahyu Hadiningrat menjabat Astamarena.

Topik Menarik