Generasi Mio dari Pertama Launching Hingga Sekarang

Generasi Mio dari Pertama Launching Hingga Sekarang

Terkini | okezone | Minggu, 29 September 2024 - 10:31
share

JAKARTA – Mio merupakan skuter matik keluaran Yamaha yang digemari masyarakat. Mio juga menjadi skuter matik low end andalan Yamaha, sekaligus penantang skutik lain besutan Honda yaitu Beat.

Yamaha Mio generasi pertama mulai mengaspal di Indonesia pada 2003. Bahkan pernah merajai segmen skuter matik di Indonesia pada 2004.

Menariknya, awal perilisan Yamaha Mio diplot khusus bagi para wanita. Tidak mengherankan karena tampilannya menarik dan memiliki bodi yang ramping juga sporty.

Dua puluh satu tahun perjalanan Yamaha Mio di Indonesia, motor ini telah merilis sampai 8 generasi. Setiap perilisan terbarunya, fitur-fitur pada Yamaha Mio terus dikembangkan. Ini membuat motor ini tetap eksis dan digemari masyarakat sampai saat ini.

Lalu apa sajakah 8 generasi Yamaha Mio tersebut. Berikut rincian daftarnya :

  1. Yamaha Mio Generasi Pertama (2003-2008)

Menjadi awal masuknya Mio ke Indonesia, Mio generasi pertama langsung menjadi primadona.

Mengusung slogan “Wanita Jangan Mau Ketinggalan” untuk menyasar pembelian kaum hawa, tetapi berkat desainnya yang sporty membuat banyak kaum adam tertarik untuk membeli motor ini.

Generasi pertama motor ini dibekali dengan mesin 113 cc. Motor ini juga dapat mencapai tenaga maksimal 9,5 dk pada 8.000 rpm dan torsi hingga 7,8 Nm pada 7.000 rpm.

Pada tahun pertamanya Mio telah mampu untuk menyaingi saudaranya yaitu Yamaha Jupiter Z dalam segmen motor bebek.

  1. Yamaha Mio Soul (2007-2012)

Pada generasi kedua, Yamaha merilis Mio Soul yang memiliki sejumlah perubahan.

Dari segi bodi, Mio Soul tampil lebih besar dan berisi. Namun motor ini dibuat lebih ceper dan membuat motor ini lebih irit bensin daripada generasi sebelumnya.

Tidak jauh berbeda dengan generasi pertama, Mio Soul memiliki mesin berkapasitas 114 cc. Dengan ini, tenaga yang dapat dihasilkan mencapai 8,9 dk pada 8.000 rpm dan torsi mencapai 7,84 Nm pada 7.000 rpm.

Tampilan terbaru Mio Soul semakin digandrungi kaum adam karena terlihat lebih gagah dan macho.

 

  1. Yamaha Mio Smile (2008-2013)

Yamaha New Mio atau Mio Smile membawa penyegaran dengan desain yang unik dan menarik. Selain itu, pilihan warna yang ditawarkan lebih banyak membuat motor ini semakin menarik. Warna yang tersedia yaitu hitam, putih, merah, hijau, bahkan gold.

Dinamakan Mio Smile bukan tanpa alasan, sebab desain headlamp motor ini membentuk segitiga yang melengkung ke bawah, membawa kesan seperti orang tersenyum.

Sementara itu, tidak terdapat perubahan spesifikasi mesin pada generasi ketiga Yamaha mio ini.

  1. Mio J (2012-2014)

Generasi keempat Mio muncul dengan pembaruan teknologi termasuk injeksi. Mio J dibekali dengan teknologi bernama Yamaha Mixture-Jet Fuel Injection (YMJet-FI). Selain itu, DiAsil Cylinder dan Forged Piston juga terpasang pada motor ini.

Dengan segala pembaruan tersebut, Yamaha menyatakan bahwa Mio J memiliki kinerja mesin yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Klaim bahwa Mio J lebih irit bensin 30 pun menjadi suatu yang menjual bagi motor Mio generasi empat tersebut.

Usaha Yamaha untuk menyasar anak muda, membuat Mio J mengeluarkan dua varian dengan desain yang sporty dan trendy. Dibuktikan dengan perilisan Mio J Family dan Mio J Teen.

  1. Mio GT (2013-2014)

Mengusung slogan “Change Your Life”, tidak membuat Mio GT memiliki perubahan yang signifikan. Sebab, mesin dan teknologi yang dipasangkan pada motor ini masih sama dengan generasi sebelumnya.

Perbedaan yang jelas terletak hanya pada visualnya, tampilannya kian sporty tetapi gagah. Hal ini diperkuat berkat desain lampu sein yang membentuk huruf ‘V’.

  1. Mio M3 (2014-Sekarang)

Setelah sebelumnya tidak ada perubahan yang signifikan, Mio generasi keenam ini dibekali dengan mesin berkapasitas 125 cc.

Tenaga yang dihasilkan mesin 125 cc tersebut menghasilkan daya maksimum hingga 9,5 hp pada 8.000 rpm dan torsi hingga 9,6 Nm pada 5.500 rpm. Dengan tambahan ini Mio M3 lebih bertenaga daripada Mio GT dan Mio J.

Teknologi baru juga terpasang pada Mio M3, teknologi blue core diklaim dapat membuat motor ini irit bensin 50, peningkatan ini cukup signifikan setelah teknologi yang dipasangkan pada Mio J sebelumnya.

 

  1. Mio Z (2016-2022)

Pada generasi ketujuh, Yamaha tidak memberikan perubahan yang berarti pada Mio Z. Bahkan, mesin dan teknologi yang terpasang masih sama dengan Mio M3.

Perubahan yang terdapat pada Mio Z adalah ban yang lebih besar atau wide tire yang membuat motor ini lebih stabil dan nyaman ketika digunakan.

Tidak sama nasibnya seperti Mio M3, Mio Z dihentikan produksinya karena penyesuaian kebutuhan konsumen.

  1. Mio S (2017-2022)

Masih tetap sama seperti dua generasi sebelumnya, perubahan yang tampak pada Mio S terletak pada tampilannya.

Setelah beberapa generasi didesain lebih sporty dan gagah untuk menyasar laki-laki, Yamaha mengubah tampilan Mio S lebih stylish dan manis. Hal ini dilakukan untuk kembali menargetkan kaum wanita setelah terakhir dilakukan pada Mio generasi pertama.

Itulah ulasan mengenai generasi Mio dari pertama launching hingga sekarang.

Topik Menarik