Kisah Yu Yang, Pebulu Tangkis China Pelaku Skandal Olimpiade 2012 yang Sempat <i>Prank</i> Pensiun

Kisah Yu Yang, Pebulu Tangkis China Pelaku Skandal Olimpiade 2012 yang Sempat Prank Pensiun

Terkini | okezone | Minggu, 29 September 2024 - 04:15
share

KISAH Yu Yang, pebulu tangkis China pelaku skandal di Olimpiade London 2012 menarik untuk diulas. Sebab, ia sempat bikin heboh dengan menyatakan pensiun yang di kemudian hari hanya prank belaka.

Nama Yang mencuri perhatian di Olimpiade London 2012. Pasalnya, ia bersama Wang Xiaoli terlihat sengaja mengalah dalam pertemuan terakhir di Grup A cabor bulu tangkis nomor ganda putri saat melawan Jung Kyung-eun/Kim Ha-na.

Hal itu dilakukan agar keduanya tidak bertemu sesama ganda putri China di fase gugur dan memuluskan misi All Chinese Final. Dengan begitu, Negeri Tirai Bambu akan membawa pulang satu perak dan satu emas.

Gelagat busuk itu kemudian diikuti pasangan-pasangan lain di grup sebelah hingga menyeret nama Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari. BWF yang kesal dengan aksi para pemain itu akhirnya ikut campur.

Yu dan tujuh pebulu tangkis lain yang terlibat, termasuk Greysia/Nitya, dijatuhi hukuman tegas. Mereka semua didiskualifikasi dari Olimpiade London 2012 tanpa terkecuali!

Usai hukuman itu, Yu sempat bikin heboh. Lewat blog yang diduga miliknya, perempuan asal China itu mengumumkan akan pensiun di usia 27 tahun.

Topik Menarik