Nunung Tetap Waspada Meski Sudah Dinyatakan Sembuh dari Kanker, Selalu Jaga Pola Makan

Nunung Tetap Waspada Meski Sudah Dinyatakan Sembuh dari Kanker, Selalu Jaga Pola Makan

Terkini | okezone | Sabtu, 28 September 2024 - 10:42
share

SUDAH satu tahun belakangan ini Nunung dinyatakan sembuh dari penyakit kanker payudara usai menjalani kemoterapi. Meski demikian, Nunung berusaha untuk waspada menjaga kondisi tubuhnya agar penyakit itu tak muncul lagi. Nunung mengaku dirinya masih memeriksakan diri ke dokter secara rutin serta selalu menjaga pola makannya

"Sebenarnya kalau kanker baru satu tahun, dua tahun belum bisa dibilang survive ya, masih harus waspada, harus jaga-jaga gitu, yang penting rajin kontrol, terus makanan juga," ujar Nunung di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Meski tidak ada pantangan makanan dari dokter, Nunung berusaha menghindari konsumsi makanan yang memicu sel kankernya kembali muncul. Nunung juga menjaga asupan makanan setiap harinya agar tak berlebihan.

"Sebenarnya sih dokter enggak pernah ngomong pantangan-pantangan begitu, tetapi, kan, pemicu-pemicu itu aku mengerti, dokter hanya bilang pemicu-pemicu mbak Nunung tahu kan, makanan-makanan, ya kalau bisa itu dihindari, kalau pun makan jangan yang berlebihan," katanya.

Selain menjaga kondisi fisiknya, dokter juga mengingatkan agar suasana hati Nunung selalu bahagia sehingga tidak stres dan sampai jatuh sakit. Jika bekerja bisa membuatnya bahagia, maka Nunung diperbolehkan untuk terus giat bekerja, tentu dengan waktu istirahat yang juga cukup.

"Iyalah karena kata dokter, mbak nunung happy ya, dokter tuh selalu ngomong begitu, mbak Nunung happy ya, kerja ya," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Nunung mengungkap bahwa dirinya divonis mengidap kanker payudara pada Februari 2023 lalu. Dia sempat menjalani beberapa kali kemoterapi lantaran divonis mengidap kanker payudara. Lalu, Nunung juga menjalani operasi pengangkatan sel kanker sebelum akhirnya dinyatakan sembuh.

Topik Menarik