Batik Asli dari Indonesia, IShowSpeed Tak Lagi Bingung

Batik Asli dari Indonesia, IShowSpeed Tak Lagi Bingung

Terkini | okezone | Jum'at, 27 September 2024 - 13:47
share

JAKARTA - YouTuber IShowSpeed sempat bikin heboh soal batik. Saat diberikan batik dari salah satu penggemarnya di Malaysia, streamer terkenal asal Amerika Serikat terkejut karena tahu bahwa batik berasal dari Indonesia.

Bahkan Netizen Indonesia dengan cepat memberi informasi bahwa batik merupakan warisan budaya asli Indonesia yang telah diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sejak 2009.

Menyikapi apa yang terjadi pada IShowSpeed, Ketua Pelaksana Hari Batik Nasional 2024, Febriana menjelaskan, Indonesia dan Malaysia merupakan negara bertetangga. Karena itu banyak hal seperti batik yang juga dikembangkan di Malaysia.

“Sebenarnya gini ya, karena memang kita negara tetangga dan bukan enggak mungkin juga bisa aja batik berkembang, itu juga yang membawa juga masyarakat Indonesia yang di sana," katanya, Jumat (27/9/2024).

Namun, lanjut Febriana, karena batik sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia, pengembangan yang terjadi dibanyak negara bukan menjadi persoalan.

"Batik itu kan sudah diakui secara warisan. Jadi dia mau klaim seperti apa juga udah berdasarkan pengakuan UNESCO juga. Jadi kalau batik dari Malaysia itu tadi mungkin ya karena pekerja kita ke sana atau orang kita yang di sana. Tapi kita cek deh, nenek moyang dan Ibu Kartini kita kan semuanya sudah pakai sedari dulu," katanya.

Sebagai informasi, IShowSpeed berkunjung ke Malaysia. Dia mendapat bingkisan dari salah satu penggemarnya, yakni beberapa potong kemeja batik.

IShowSpeed menunjukkan batik yang diberikan penggemarnya. Bahkan, dirinya memakai batik tersebut yang diklaim oleh pemberinya merupakan warisan asli Malaysia.

Topik Menarik