Sejumlah PO Bus Kompak Luncurkan Armada Baru, Pakai Sasis Hino hingga Mercedes-Benz

Sejumlah PO Bus Kompak Luncurkan Armada Baru, Pakai Sasis Hino hingga Mercedes-Benz

Terkini | okezone | Jum'at, 27 September 2024 - 11:44
share

JAKARTA - Sejumlah perusahaan otobus (PO) merilis armada baru. Mulai dari PO Harapan Jaya, PO 27 Trans, hingga PO Rosalia Indah meluncurkan bus baru. 

Berikut daftar PO bus yang baru meluncurkan armada anyar akhir-akhir ini, sebagaimana dirangkum Jumat (27/9/2024): 

  1. PO Harapan Jaya 

PO Harapan Jaya merilis armada terbaru mengusung konsep double decker terbaru dari karoseri Laksana. Bus baru itu memiliki empat kelas berbeda di dalamnya yang memberikan banyak pilihan bagi calon penumpang.

Armada terbaru PO Harapan Jaya menggunakan bodi Legacy SR3 Neo Double Decker - Combi. Konsep bus ini sudah dipamerkan dalam ajang GIIAS 2024, di ICE BSD City, Tangerang, pada Juli lalu.

Namun, saat itu bus tingkat ini menggunakan warna putih polos tanpa livery dan logo PO. Diyakini itu milik PO Harapan Jaya yang saat ini sudah bergerak menuju pool mereka di Tulungagung, Jawa Timur.

Terlihat dari unggahan di akun Instagram karoseri Laksana, bus baru PO Harapan Jaya akan melayani trayek Surabaya-Jakarta. Bus ini juga menggunakan sasis premium asal Eropa yang dapat memberikan kenyamanan pada penumpang.

Secara tampilan, tidak ada yang aneh pada bus tersebut karena menggunakan corak warna khas PO Harapan Jaya. Tapi, armada ini tidak dilengkapi gambar delapan kuda yang sedang berlari yang menjadi identitas mereka.

Keunikan bus terbaru PO Harapan Jaya terdapat pada bagian belakang lantas atas. Terdapat kabin khusus sleeper class seperti bus-bus suites combi. Kabin ini berada tepat di belakang kabin reguler.

Ada 8 kursi sleeper dengan konfigurasi bertumpuk empat-empat di kanan dan kiri. Terlihat kabin ini juga memiliki lantai yang lebih rendah dari kabin kursi reguler untuk memaksimalkan ruang sleeper.

PO Harapan Jaya menamakan kabin sleeper ini dengan kelas Grand Suites. Penumpang yang memiliki kelas ini akan mendapatkan fasilitas layar AVOD untuk hiburan sepanjang perjalanan. Selain itu, ada juga kamera CCTV untuk keamanan.

Sasis bus ini menggunakan Volvo B11R - 450HP (I-Shift) Euro 5 yang menopang mesin D11, 6 silinder segaris, berkapasitas 11.000 cc. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 450 hp pada 2.150 rpm dan torsi puncak 370 Nm pada pada 1.750 rpm.

  1. PO 27 Trans

PO 27 Trans meluncurkan dua unit armada baru menggunakan bodi Jetbus 5 SHD Single Glass garapan karoseri Adiputro. Bus baru ini dibangun di atas sasis Hino RM 280.

Perilisan bus baru tersebut diunggah dalam akun Instagram resmi PO 27 Trans, @27transjavamania. Masing-masing armada diberi nama Eirene dan Plutos yang diambil dari mitologi Yunani. Eirene merupakan dewi yang menggambarkan kedamaian, sedangkan Plutos dewa kekayaan.

Jika dilihat dari pelayanan yang diberikan PO 27 Trans, penamaan tersebut sangat cocok. Sebab, PO asal Malang, Jawa Timur, ini merupakan salah satu yang menawarkan bus mewah dan nyaman.

 

Bus baru PO 27 Trans tampak elegan dengan penggunaan kaca depan single glass. Ini membuat pandangan penumpang lebih luas karena tidak terhalang sekat seperti pada model double glass.

Bodi Jetbus 5 juga terlihat elegan dengan penggunaan selendang samping yang minimalis. Berbeda dengan Jetbus 3 yang memiliki selendang besar sehingga menghalangi pandangan penumpang yang duduk di baris pertama dan kedua.

Belum diketahui bagaimana konsep di bagian dalam, tapi sekilas terlihat cukup mewah. Terdapat kursi yang cukup lebar dengan menggunakan material kulit sintetis berwarna hitam. Memiliki 28 buah kursi dengan konfigurasi 2-2, dan dilengkapi sandaran kaki ganda yang terpisah.

Soal sasis, PO 27 Trans mempercayakan dua armada barunya pada Hino RM 280 dengan suspensi udara. Tenaga yang dikeluarkan mencapai 280 PS pada 2.500 rpm dan torsi puncak 285 Kgm pada 1.500 rpm

  1. PO Rosalia Indah

PO Rosalia Indah mendapat julukan "Sultan Palur" karena kerap merilis bus-bus baru dengan sasis premium. Ini kembali dilakukan dengan tujuan peremajaan armada yang diambil dari sejumlah karoseri.

Sebelumnya, PO Rosalia Indah merilis 10 bus baru dari karoseri New Armada dengan menggunakan sasis Mercedes-Benz. Kali ini, perusahaan otobus (PO) asal Karanganyar, Jawa Tengah, itu merilis bus dari karoseri Laksana dengan menggunakan bodi Legacy SR3 Neo HD Prime Ultimate.

Belum diketahui berapa jumlah armada baru PO Rosalia Indah yang digarap karoseri Laksana. Tapi dari foto yang diunggah pada akun Instagram @rosaliaindah.official, ada delapan unit baru yang keluar dari karoseri Laksana.

Seluruh bus tersebut menggunakan konsep yang sama, yakni model kaca depan double glass. Armada tersebut memiliki kelas Eecutive Plus, yang artinya bakal ditujukan untuk trayek AKAP (antar kota antar provinsi).

Bagian eksterior, bua baru PO Rosalia Indah meggunakan livery terbarunya dengan garis-garis lebih tegas, memadukan warna biru muda, merah, putih, dan oranye. Menariknya, pada bgian samping dibuat seolah itu adalah bus tingkat dengan penggunaan warna hitam pekat tepat di atas ban.

Soal fasilitas, terdapat TV dengan ukuran cukup besar, USB pada rover AC, Toilet dengan closet duduk, dan wastafel. Sayang, tidak ada dispenser untuk membuat minuman panas atau dingin dalam armada tersebut.

Soal sasis, seluruh bus baru PO Rosalia Indah menggunakan Mercedes-Benz OH 1626 Euro 4 Air Suspension. Sasis ini pakai mesin berkapasitas 6.374 cc, OM 906 LA Euro 3 Diesel, 6-Silinder Segaris, Direct Injection, dengan Turbocharger dan Intercooler.

Mesin itu bisa menghasilkan tenaga 191 KW (260 dk) pada 2.200 rpm dan torsi puncak 950 Nm pada 1.200-1.600 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui pilihan transmisi manual 6 percepatan atau transmisi otomatis 6 percepatan.
 

Topik Menarik