Minta Stop Ribut-Ribut soal Program Naturalisasi, Shin Tae-yong: Mari Fokus Bawa Timnas Indonesia ke Piala Dunia!

Minta Stop Ribut-Ribut soal Program Naturalisasi, Shin Tae-yong: Mari Fokus Bawa Timnas Indonesia ke Piala Dunia!

Terkini | okezone | Jum'at, 27 September 2024 - 09:27
share

JAKARTA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong sadar masih banyak pro-kontra terkait program naturalisasi yang tengah dijalankan PSSI. Menanggapi hal itu, STY pun hanya meminta untuk stop ribut-ribut karena saat ini lebih baik semua kekuatan fokus untuk membantu Garuda lolos ke Piala Dunia 2026.

Seperti yang diketahui, program naturalisasi sampai saat ini masih banyak ditentang karena menyulitkan pemain lokal untuk membela Timnas Indonesia. Shin Tae-yong pun berharap pemikiran seperti itu untuk disingkirkan karena tak dapat dipungkiri, berkat pemain naturalisasi kini level skuad Garuda sudah bisa bersaing di Asia, bahkan dunia.

Karena alasan itu, PSSI pun sejauh ini masih gencar melakukan naturalisasi pemain keturunana. Terbaru, ada dua tambahan pemain yang segera menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Kedua pemain yang dimaksud adalahMees Hilgers dan Eliano Reijnders. Pemain itu diproyeksikan memperkuat Timnas Indonesia untuk putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Shin Tae-yong mengatakan adanya pemain-pemain naturalisasi membuat Skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- makin disegani dalam kancah sepakbola dunia, khususnya di Asia. Hal itu menjadi dampak nyata adanya tambahan pemain naturalisasi.

"Memang sekarang kita bisa lihat sendiri masyarakat dan fans sepakbola Indonesia pada bahagia pastinya. Mungkin dengan adanya pemain naturalisasi mungkin kita bisa memposisikan diri kita di sini sekarang," kata Shin Tae-yong di Jakarta, Jumat (27/9/2024).

Topik Menarik