Sandiaga Buka International Creative Industry Conference and Festival 2024 di Yogyakarta

Sandiaga Buka International Creative Industry Conference and Festival 2024 di Yogyakarta

Terkini | okezone | Jum'at, 27 September 2024 - 07:43
share

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno membuka International Creative Industry Conference and Festival 2024 (IC Fest 2024) di Gelanggang Inovasi & Kreativitas (GIK) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. 

“Saya sampaikan sambutan hangat kepada para peserta kami yang terhormat, yang telah menjadi bagian dari International Creative Industry Conference and Festival 2024 yang pertama ini,” ujar Sandi di Gelanggang Inovasi & Kreativitas (GIK) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Kamis, 26 September 2024, mengutip siaran pers Kemenparekraf.

Sandi menyampaikan kinerja sektor ekonomi kreatif yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir meski terdampak pandemi Covid-19. 

Di mana, ekonomi kreatif menyumbang sekitar 3 persen PDB global, menghasilkan USD2,3 triliun dan mempekerjakan sekitar 50 juta orang di seluruh dunia. 

Diperkirakan pada tahun 2030, ekonomi kreatif dapat memainkan peran yang lebih besar, berkontribusi sebanyak mungkin sebesar 40 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) dunia. 

(Foto: dok. Kemenparekraf)

Sementara untuk prospek Industri Kreatif Indonesia 2024-2025, dirinya memperkirakan sektor ini akan mengalami pertumbuhan. 

“Secara khusus, subsektor film, animasi, dan video diperkirakan akan memimpin pertumbuhan ini pada tahun 2024 dan 2025. Jika Amerika Serikat punya Hollywood, Korea punya Drakor, Indonesia juga Drahor (Drama Horor),” tuturnya.

Sandi juga menyebut untuk pertama kalinya film Indonesia ditayangkan 60 persen di layar Indonesia. 

“Ini menunjukkan bahwa film-film Indonesia sekarang sudah mampu diterima masyarakat. Siapa yang pernah melihat ‘Agak Lain’? Ini adalah genre yang sangat unik, karena genre ini memadukan horor dan komedi. Kami melihat bahwa pada tahun 2024 dan 2025, kami akan melihat lebih banyak inovasi dan ekonomi kreatif ini,” terang Sandi.

 

Sementara, Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Ova Emilia berharap, IC Fest 2024 dapat memberikan energi positif bagi perkembangan industri kreatif di Indonesia, dalam berbagi wawasan, perspektif, mengeksplorasi praktik inovatif dalam mengembangkan industri kreatif. 

“Sehingga nantinya bisa membuka peluang bagi kolaborator untuk memberikan dampak bagi masyarakat nasional atau global. Dan semoga acara ini memberikan wawasan baru tentang industri kreatif, dan mengintegrasikan industri kreatif sebagai kekuatan pendorong ekonomi baru,” kata Ova. 

IC Fest merupakan inisiatif yang bertujuan untuk memamerkan dan mempromosikan berbagai sektor di dalam industri kreatif, meliputi permainan, aplikasi, animasi, film, musik, dan seni pertunjukan. 

(Foto: dok. Kemenparekraf)

Event ini akan menjadi wadah pertukaran pengetahuan, networking, business matching, kemitraan, dan kolaborasi berbagai industri serta dirancang untuk menghubungkan pelaku industri dengan potensi mitra dan investor sehingga terbuka peluang untuk mendorong kolaborasi dan pertumbuhan bisnis.

IC Fest 2024 berfokus pada pengembangan dan pemanfaatan industri konten dalam pertumbuhan ekonomi, utamanya dalam menghadapi dinamika perubahan tren secara global. 

Setidaknya ada enam agenda utama yang akan diselenggarakan pada IC Fest 2024, antara lain international conference, roundtable discussion, masterclass, creative exhibition, business matching, dan creative showcase and festival

Topik Menarik