70 Bahan Baku Impor, Harga Jual Produk di RI Masih Mahal

70 Bahan Baku Impor, Harga Jual Produk di RI Masih Mahal

Terkini | okezone | Jum'at, 27 September 2024 - 07:34
share

JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani mengungkapkan penyebab harga produk di Indonesia masih mahal. Salah satu penyebabnya adalah bahan baku masih impor.

Menurutnya, penguatan industri dibutuhkan agar punya daya saing, tidak cukup pembehanan dari sisi sumber daya manusia (SDM).

Sebab, produktivitas memegang peranan penting untuk meningkatkan daya saing industri di dalam negeri. Saat ini masalah produktivitas diakui Shinta masih menjadi tantangan bagi para pelaku industri.

Bahan baku yang masih 70 berasa dari luar negeri alias impor, membuat beban produksi menjadi lebih mahal. Sedangkan barang serbuan impor yang masuk dari luar negeri cenderung punya harga yang lebih murah ketimbang produk UMKM.

"Kita sudah sampaikan soal produktivitas. Kalau kita berdaya saing harus ada produktivitas, bukan hanya SDM, tapi industri. Karena 70 bahan kita masih impor," ujar Shinta dalam acara Wealth Xpo CIMB Niaga 2024 di Jakarta, Kamis (26/9/2024).

Menurutnya, industri manufaktur paling terdampak dari susahnya mencari bahan baku dari dalam negeri sehingga hatus didatangkan lewat impor. Ketergantungan akan bahan baku impor ini terlebih terjadi pada sub sektor industri makanan dan minuman (Mamin), tekstil, serta manufaktur secara umum.

Topik Menarik