Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan di Leher dan Rahang

Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan di Leher dan Rahang

Terkini | okezone | Rabu, 25 September 2024 - 15:30
share

CARA Menghilangkan Jerawat Bruntusan di Leher dan Rahang, akan menjadi informasi dan pembahasan penting bagi banyak orang, baik pria atau pun wanita. Sebab, jerawat memang jadi masalah kulit yang bisa dikatakan paling sering dialami banyak orang.

Banyak yang merasa terganggu dengan kemunculan jerawat, baik di kulit wajah atau bagian tubuh lainnya. Mulai dari punggung, kulit kepala, garis rahang, serta leher dan dada.  

Jerawat sendiri merupakan masalah kulit yang sangat umum terjadi. Mengutip laporan American Academy of Dermatology, bahkan untuk di Amerika saja, diperkirakan antara 40 hingga 50 juta orang mengalami jerawat pada waktu yang bersamaan.

Kondisi ini dapat muncul kapan saja pada seseorang, namun paling sering terjadi pada remaja akibat fluktuasi hormon. Mayo Clinic melaporkan bahwa sekitar 70 hingga 87 persen remaja mengalami jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan di Leher dan Rahang (Foto: Freepik)

Jerawat juga dapat terjadi pada orang dewasa, dan wanita mungkin lebih rentan mengalaminya saat menstruasi, kehamilan, atau menopause. Faktor lain yang dapat menyebabkan jerawat meliputi penggunaan obat-obatan, stres, pola makan, dan faktor genetik.

 

Umumnya sudah banyak yang tahu cara mengatasi jerawat di wajah, tapi bagaimana dengan di area lainnya  seperti leher dan rahang? Sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (25/9/2024) berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi jerawat di leher dan rahang. berdasarkan saran dari para ahli dermatologi.

1. Jaga kebersihan kulit: Penting untuk mencuci leher dan dekolte secara teratur, terutama setelah berkeringat atau menggunakan produk perawatan kulit. Gunakan pembersih yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit untuk membantu menghilangkan kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori.

Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan di Leher dan Rahang (Foto: Freepik)

2. Pilih pakaian longgar: Selain pilih pakaian yang lembut dan bersih, sebisa mungkin hindari mengenakan pakaian ketat karena bisa menyebabkan gesekan. Ini juga akan menjaga agar produk perawatan rambut tidak menempel di kulit leher, karena bisa menyebabkan iritasi dan jerawat.

 

3. Pakai produk anti acne yang tepat: Rutin menggunakan produk yang mengandung bahan aktif seperti asam salisilat atau glikolik. Ini disebut bisa membantu mencegah dan mengobati jerawat, karena kandungan ini membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi produksi minyak di kulit.

Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan di Leher dan Rahang (Foto: Freepik)

4. Menyadari penyebab hormon: Jerawat di leher dan rahang sering kali dipicu oleh perubahan hormon, terutama pada wanita. Jika jerawat Anda parah dan tidak membaik dengan perawatan biasa, coba berkonsultasi dengan dokter kulit mengenai kemungkinan terapi hormonal.

5. Stop kebiasaan buruk: Contohnya jangan memencet atau menggaruk jerawat, karena bisa menimbulkan bekas luka dan infeksi lebih lanjut.

Topik Menarik