Kisah Timnas Brunei Darussalam, Negara yang Alami Lonjakan Peringkat Tertinggi di Pengumuman Ranking FIFA Terbaru

Kisah Timnas Brunei Darussalam, Negara yang Alami Lonjakan Peringkat Tertinggi di Pengumuman Ranking FIFA Terbaru

Terkini | okezone | Jum'at, 20 September 2024 - 12:47
share

KISAH Timnas Brunei Darussalam, negara yang alami lonjakan peringkat tertinggi di pengumuman ranking FIFA terbaru, menarik untuk diulas. Sebab, mereka melewati lompatan milik Timnas Indonesia!

FIFA secara resmi mengumumkan ranking terbaru setelah berakhirnya FIFA Matchday September 2024. Dalam ranking tersebut, Timnas Indonesia naik empat peringkat dari 133 menjadi 129.

Hal ini tidak lepas dari dua hasil imbang yang diraih skuad garuda atas Timnas Arab Saudi dan Timnas Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Namun, lompatan itu bukan yang tertinggi.

Negara tetangga yang memiliki kedekatan erat dengan Indonesia, Brunei Darussalam, juga meraih hasil yang positif. Pada FIFA Matchday September 2024 ini, Tim Tebuan harus melakoni laga play-off untuk menuju babak Kualifikasi Piala Asia 2027.

Menghadapi Timnas Makau dalam dua leg, Brunei Darussalam dengan perkasa meraih dua kemenangan. Di leg pertama yang digelar di Bandar Seri Begawan pada 6 September 2024, Hakeme Yazid dan kolega sukses menang secara meyakinkan dengan skor 3-0.

Berlanjut pada leg kedua yang digelar empat hari kemudian di markas Timnas Makau, tim lebah kembali memetik kemenangan. Kali ini, Negeri Jiran menang tipis dengan skor 1-0.

Berkat dua kemenangan ini, Timnas Brunei Darussalam sukses melaju ke babak Kualifikasi Piala Asia 2027. Lebih dari itu, dua kemenangan atas Timnas Makau juga membuat mereka mendapat tambahan poin sejumlah 25,19 poin.

Hal ini membuat Brunei Darussalam mengalami kenaikan tujuh peringkat di ranking FIFA yang pada mulanya di peringkat 190 menjadi 183. Ini juga sekaligus membuat mereka menjadi negara yang mengalami kenaikan peringkat paling banyak pada FIFA Matchday September 2024.

Topik Menarik