Mandala Shoji Dituntut Rp10 Miliar oleh Hotel Bintang 4 di Pontianak

Mandala Shoji Dituntut Rp10 Miliar oleh Hotel Bintang 4 di Pontianak

Seleb | okezone | Rabu, 18 September 2024 - 15:30
share

JAKARTA - Mandala Shoji menjadi sorotan usai menghadapi tuntutan dari hotel bintang 4 di Pontianak, Kalimantan Barat.

Kronologi gugatan pihak hotel kepada Mandala Shoji bermula usai sang aktor dan istrinya, Marida Deanova mengalami insiden tak mengenakkan pada Desember 2023.

Mereka diduga diusir paksa dari Hotel tersebut kemudian berlanjut dengan berbagai masalah hukum dan dugaan teror.

Mandala Shoji Dituntut Rp10 Miliar oleh Hotel Bintang 4 di Pontianak

Kala itu, Mandala Soji dan Marida Deanova yang sedang berada di Kalimantan Barat untuk urusan kerja, dijadwalkan menginap hingga 9 Desember 2023.

Namun, pada tanggal 8 Desember, petugas hotel mengeluarkan barang-barang pribadi mereka secara sepihak.

Marida Deanova menyampaikan komplain bahwa koper dan barang-barang mereka telah dikeluarkan dari kamar hotel, termasuk pakaian dalam mereka.

Video yang diunggah menunjukkan koper mereka rusak dan tidak bisa ditutup atau dikunci lagi. Marida Deanova melaporkan bahwa petugas hotel tidak hanya mengemas barang-barang mereka dengan sembarangan tetapi juga merusak koper mereka.

Merasa tak terima dengan perlakuan pihak hotel, Mandala Shoji akhirnya mengajukan gugatan dan somasi. Pada 2023 lalu, dia bahkan berani menuntut Rp100 miliar kepada pihak hotel lantaran merasa sangat dirugikan.

Alih-alih terjadi mediasi, pihak hotel justru melakukan rekonvensi atau gugatan balik kepada Mandala Shoji dengan tuntutan sebesar Rp10 miliar rupiah.

Pihak hotel merasa telah kehilangan kepercayaan publik imbas pembongkaran aib yang dilakukan Mandala dan istrinya di media sosial.

Adapun persidangan dari gugatan pihak hotel kepada Mandala dan istrinya digelar di Pengadilan Negeri (PN) Pontianak pada tanggal 11 September 2024.

Selama persidangan, Marida Deanova yang tengah kelelahan dan trauma akhirnya jatuh pingsan. Dia bahkan merasa ketakutan setiap kali harus masuk hotel atau menginap.

"Trauma ini sangat membekas. Saya selalu merasa takut barang-barang saya disentuh atau dikeluarkan sembarangan," ungkap Marida Deanova.

 

Di unggahan terbarunya, sang presenter membeberkan kesaksian korban lain pada sidang pekan lalu yang diduga mengalami hal serupa.

"Kesaksian saksi korban yang lain. Barang-barangnya dikeluarkan padahal sudah memastikan ke pihak FO kalau menginap sampai tanggal 9 Desember," tulis Mandala Shoji dikutip dari akun @mandalaabadishoji, Rabu (18/9/2024).

"Tapi di tanggal 8 Desember malam dia sampai hotel setelah dari Singkawang mendapati kejadian barang-barangnya dikeluarkan, dan ternyata barang-barangnya ada di lobi juga," tambahnya.

Atas kejadian ini, Mandala merasa sangat dirugikan. Namun, dia sama sekali tak gentar untuk memperjuangkan haknya sebagai salah satu tamu dari hotel tersebut.

"Aku memang rakyat kecil, tapi nggak gentar melawan yang besar. Masih mencoba percaya hukum di Indonesia bisa ADIL tidak berat sebelah," lanjutnya.

"Walaupun hotel nuntut balik ke kami Rp 10 miliar, cuma heran bisnis hospitality bisa seangkuh itu. Ngusir sebelum waktunya udah gitu nggak ada permintaan maaf," imbuh Mandala Shoji.

 

Dalam sebuah wawancara di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, hari ini, Rabu (18/9/2024), Mandala mengatakan jika sidang tuntutan yang menimpanya akan memasuki agenda keterangan ahli dari pihaknya.

Rencananya, Mandala selaku tergugat akan menghadirkan saksi ahli dari bidang perhotelan.

"Besok sidang di sana menghadirkan saksi ahli dari hotel, menghadirkan saksi ahli dari ahli hotel dari akademi biasa dia pengalaman GM, Presiden Direktur di sebuah hotel," ucap Mandala Shoji kepada wartawan hari ini.

"Kita hadirkan supaya dikasih pelajaran bagaimana hospitality yang bener," tambahnya.

Topik Menarik