Kota Agra Diguyur Hujan Deras, Taj Mahal Kebanjiran

Kota Agra Diguyur Hujan Deras, Taj Mahal Kebanjiran

Terkini | okezone | Rabu, 18 September 2024 - 10:54
share

HUJAN deras yang melanda Agra, India menyebabkan banjir di beberapa wilayah di kota tersebut, termasuk situs wisata paling populer dunia, Taj Mahal. 

Banyak rekaman yang menunjukkan besarnya arus banjir yang menutupi jalanan, hal ini tentu saja mengganggu aktivitas masyarakat. 

Mengutip India Today, hujan deras telah membasahi Kota Agra, India sejak 11 September 2024 yang menyebabkan banjir di beberapa wilayah. Monumen bersejarah Taj Mahal pun tak luput dari banjir deras tersebut. 

(Foto: AjitSinghRathi)

Terdapat video yang diambil oleh seorang turis, yang memperlihatkan bagaimana wilayah bagian taman depan Situs Warisan Dunia UNESCO tersebut dipenuhi oleh air yang tinggi. Video tersebut berdurasi selama 17 detik, dan viral. 

Dalam video menunjukkan kedua sisi taman di depan kubah Taj Mahal terendam banjir. Pada taman yang terletak di sisi kiri, terlihat telah dipenuhi air. 

Inspektur Departemen Arkeologi, Raj Kumar Patel membenarkan video yang tersebar tersebut direkam pada 12 September 2024. 

Ia menjelaskan, curah hujan yang lebat menyebabkan genangan air, namun pihak berwenang telah bergerak cepat untuk bertindak menangani masalah banjir tersebut setelah mendapat informasi. 

 

Terdapat kekhawatiran mengenai deras banjir yang kemungkinan akan mencapai kepada kubah utama Taj Mahal, namun tindakan cepat dari Survei Arkeologi India (ASI) dapat menangani hal tersebut, dan menghindari kerusakan yang kemungkinan terjadi. 

Video tersebut telah viral, dan menjadi pusat perhatian isu bencana alam di media sosial. Sementara hujan yang tidak berhenti terus-menerus mencapai kekuatan sekitar 151 mm, yang sangat menganggu aktivitas masyarakat di Agra. 

Lebih dari 40 jam masyarakat Agra terpaksa mengungsi di rumah saat kota tersebut akibat kota yang tidak berhenti dari derasnya hujan.

Topik Menarik