Penyebab Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Ambil Sumpah WNI di Belanda Terungkap

Penyebab Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Ambil Sumpah WNI di Belanda Terungkap

Terkini | okezone | Rabu, 18 September 2024 - 06:13
share

PENYEBAB Mees Hilgers dan Eliano Reijnders mengambil sumpah Warga Negara Indonesia di Belanda akan diulas Okezone. Selasa 17 September 2024, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melalui Komisi III dan X menyetujui proses naturalisasi yang dijalani Mees Hilgers (FC Twente) dan Eliano Reijnders (PEC Zwolle).

Langkah selanjutnya agar Mees Hilgers dan Eliano Reijnders mendapatkan paspor Indonesia adalah mulai dari menunggu sidang paripurna DPR RI pada Kamis, 19 September 2024, presiden Joko Widodo mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) dan terakhir pengambilan sumpah.

(Mees Hilgers (kanan) dan Eliano Reijnders mengambil sumpah WNI di Belanda pada awal pekan depan. (Foto: PSSI)

Biasanya, pengambilan sumpah dilakukan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta. Nathan Tjoe A-On dan Ragnar Oratmangoen bahkan mengambil sumpah WNI di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada tengah malam.

Namun, perlakukan khusus didapatkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dalam proses pengambilan sumpah WNI. Menurut Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI, Supratman Andi Agtas, timnya akan memberangkatkan Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU), Cahyo Rahadian Muzhar, ke Belanda pada Minggu, 22 September 2024, untuk pengambilan sumpah pemain milik FC Twente dan PEC Zwolle tersebut.

Keputusan itu diambil untuk mempercepat proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Sebab, waktu pendaftaran pemain Timnas Indonesia untuk laga melawan Bahrain (10 Oktober 2024) dan China (15 Oktober 2024) sudah mepet.

Menurut Ketua Umum PSSI Erick Thohir, batas akhir pendaftaran pemain untuk laga melawan Bahrain dan China adalah Selasa, 24 September 2024. Di saat bersamaan, Mees Hilgers memiliki jadwal superpadat sehingga sangat sulit untuk datang ke Indonesia.

Topik Menarik