Nekat Bisnis Ilegal, 7 WNA Ditangkap di Lampung

Nekat Bisnis Ilegal, 7 WNA Ditangkap di Lampung

Terkini | okezone | Selasa, 17 September 2024 - 20:10
share

LAMPUNG UTARA - Tim Intelijen Imigrasi Kotabumi menangkap tujuh Warga Negara Asing (WNA) di Walur, Kecamatan Krui Selatan, Pesisir Barat, Lampung. Penangkapan ini dilakukan setelah petugas memperoleh informasi mengenai kegiatan bisnis ilegal yang melibatkan WNA, yaitu penyewaan rumah warga sebagai guest house.

Kepala Imigrasi Kotabumi, Tyas Kristyaningrum mengatakan, setelah melakukan pengintaian dan pengawasan beberapa hari, petugas berhasil mengamankan ketujuh WNA di salah satu rumah warga setempat.

Dari hasil pemeriksaan paspor dan dokumen izin tinggal, diketahui bahwa Marcelo De Carvalhon Gomes dan Mayara Lima Pimentel, pasangan suami istri asal Brasil, telah mengontrak rumah warga setempat selama empat tahun.

"Mereka membisniskan rumah tersebut kepada para turis mancanegara melalui media sosial mereka, menawarkan fasilitas dan pelayanan selama tinggal di Pesisir Barat," ujar Tyas, Selasa (17/9/2024).

 

Pemeriksaan lebih lanjut mengungkapkan, pasangan Brasil tersebut sebelumnya memiliki perusahaan di Bali sebagai investor. Namun, sejak tahun 2023, bisnis tersebut sudah tidak beroperasi dan mereka pindah ke Pesisir Barat.

"Berdasarkan pengakuan saksi dan bukti yang diperoleh, kedua warga negara Brasil tersebut terbukti melanggar peraturan izin tinggal keimigrasian dan memberikan keterangan palsu kepada petugas. Mereka akhirnya dideportasi ke negara asal," ujarnya lagi.

Sementara itu, lima WNA lainnya, yang terdiri dari satu orang Brasil dan empat orang Chili, menjadi saksi dan korban dalam kasus sewa penginapan ilegal ini. Bisnis ilegal tersebut telah beroperasi selama setengah tahun sejak akhir 2023, menyebabkan kerugian bagi negara.

Kepala Imigrasi Kotabumi menegaskan akan terus melakukan pengawasan dan monitoring terhadap keberadaan WNA di wilayahnya. Ia juga mengimbau masyarakat untuk aktif memberikan informasi tentang keberadaan WNA yang mencurigakan.

Topik Menarik