Ini Dampak Ekspor Pasir Laut yang Bikin Susi Pudjiastuti Nangis

Ini Dampak Ekspor Pasir Laut yang Bikin Susi Pudjiastuti Nangis

Terkini | okezone | Selasa, 17 September 2024 - 07:51
share

JAKARTA – Presiden Jokowi kembali membuka keran ekspor pasir laut yang selama 20 tahun ditutup. Kebijakan ini pun menuai kontra dari berbagai pihak salah satunya Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Ekspor pasir laut ini dinilai akan memberi dampak buruk bagi habitat organisme laut, abrasi di wilayah pesisir, hilangnya pulau-pulau kecil, hingga lenyapnya mata pencaharian nelayan.

Salah satu keluarga nelayan di Jepara, Jawa Tengah, Tri Ismuyati sudah merasakan dampak pengerukan pasir laut mengaku hasil tangkapan nelayan berkurang drastis. Banyak keluarga nelayan akhirnya terjerat utang demi menyambung hidup.

Tri Ismuyati menceritakan nasib ratusan keluarga nelayan di Desa Bandungjarjo, Kecamatan Donorojo, Jepara, Jawa Tengah. Pasalnya saban malam melaut, beberapa nelayan termasuk suaminya kadang pulang dengan tangan kosong. Kalau pun ada yang mendapatkan hasil laut, jumlahnya cuma lima kilogram.

"Itu pun dapatnya lama sekali," ucap Tri Ismuyati dilansir dari BBC, Selasa (17/9/2024).

"Dan dalam sebulan paling hanya dua atau tiga kali saja, selebihnya ya enggak dapat apa-apa," sambungnya.

Ibu tiga anak ini bercerita kondisi tersebut terjadi sejak kapal isap pasir laut beroperasi di wilayah pesisir pada Maret tahun lalu. Setiap malam selama sebulan, kapal itu mengambil pasir laut.

Topik Menarik