6 Tips Terhindar dari Stres Akibat Macet Berjam-jam!

6 Tips Terhindar dari Stres Akibat Macet Berjam-jam!

Terkini | okezone | Selasa, 17 September 2024 - 08:00
share

BELAKANG heboh kemacetan parah yang terjadi di sepanjang jalur Puncak selama libur long weekend ini. Tak tanggung-tanggung, wisatawan yang datang dari penjuru Jabodetabek itu sampai terjebak macet hingga sembilan jam lamanya!

Bukan tidak mungkin jika wisatawan yang terjebak macet mengalami stres hingga kelelahan. Karena itu, penting bagi wisatawan untuk mengetahui beberapa tips agar terhindar dari stres dan kelelahan ketika terjebak macet di perjalanan, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/9/2024).

1. Menjaga emosi dan tetap fokus

Berkendara di kemacetan tidak hanya memerlukan kemampuan menyetir yang mumpuni tapi juga membutuhkan keahlian dalam mengendalikan emosi. Ketika di tengah kemacetan pasti ada saja hal-hal yang membuat kamu jengkel.

Ketika terjadi hal-hal yang mengganggu sebaiknya jangan hiraukan dan teruslah fokus menyetir. Menjaga emosi saat berkendara di jalanan macet sangat penting untuk menghindari terjadinya pertengkaran antar pengendara.

2. Bernapas dalam-dalam


Cara mengatasi stres saat macet juga bisa dengan menarik napas dalam-dalam. Cara ini bisa memberikan efek menenangkan yang luar biasa saat kamu sedang stres akibat macet. Tariklah napas secara perlahan, tahan napas selama beberapa hitungan, lalu hembuskan secara bertahap.

Sambil berpanas, katakanlah pada diri sendiri dalam hati bahwa kemacetan ini tidak akan berlangsung selamanya dan pada akhirnya kamu akan berhasil keluar.

3. Buatlah diri nyaman

Tidak ada yang lebih buruk daripada terjebak macet dalam kondisi yang tidak nyaman. Jadi, bagi kamu yang mengendarai mobil, aturlah posisi kursi senyaman mungkin dan juga suhu di dalam mobil agar tidak terlalu dingin.

Pastikan kamu selalu buang air kecil terlebih dahulu sebelum pulang, karena terjebak macet dengan kandung kemih yang penuh bisa membuat kamu semakin stres.

4. Dengarkan musik yang menenangkan

Tiap orang tentu punya pilihan musik yang berbeda, pilih jenis musik yang menenangkan dan bisa ningkatin mood. Kamu juga bisa mendengarkan podcast, sangking serunya kadang sampai bikin lupa dan tak sadar udah melewati kemacetan.

Topik Menarik