iPhone 16 dan 16 Plus Diluncurkan dengan Desain Baru dan Tombol Kamera

iPhone 16 dan 16 Plus Diluncurkan dengan Desain Baru dan Tombol Kamera

Teknologi | okezone | Selasa, 10 September 2024 - 11:29
share

CUPERTINO - Apple pada Senin, (9/9/2024) meluncurkan seri iPhone 16 yang terdiri dari varian standar, plus, pro, dan pro max, sebagai penerus dari iPhone seri 15 yang diluncurkan tahun lalu. Seri iPhone 16 ini hadir dengan beberapa peningkatan dari pendahulunya, terutama dengan kehadiran fitur kecerdasan buatan Apple Intelligence.

Dilansir Gizmochina , perubahan paling mencolok pada iPhone 16 dan 16 Plus ada pada desainnya, yang membuang camera island persegi dan penempatan sensor diagonal yang terlihat pada iPhone generasi baru. iPhone 16 dan 16 Plus menggunakan modul kamera berbentuk lonjong yang menonjol dengan sensor yang ditempatkan secara vertikal, mirip dengan modul pada iPhone X.

Apple juga tidak menyematkan tombol mute dan menggantinya dengan Tombol Action. iPhone 16 dan 16 Plus juga dilengkapi tombol kamera khusus.

iPhone 16 dan 16 Plus hadir dengan layar OLED yang sama berukuran 6,1 dan 6,7 inci seperti pendahulunya. Ada dynamic island dan layarnya mengemas kecerahan puncak 2.000 nits.

Di bagian optik, iPhone 16 dan 16 Plus memiliki utama 48MP dengan telefoto 2x dan sensor sudut ultra lebar 12MP, sama dengan pendahulunya. Ponsel ini juga mampu mengambil foto dan video spasial, yang sebelumnya terbatas pada model pro.

Tombol kamera akan berfungsi sama seperti tombol rana DSLR. Tekanan ringan akan memfokuskan pada subjek sedangkan tekanan penuh akan menangkap gambar. Khususnya, tombol ini juga peka terhadap sentuhan, jadi menggesernya akan memungkinkan penyesuaian pengaturan seperti zoom.

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus ditenagai oleh prosesor A18. Keduanya mengemas RAM 8GB dan penyimpanan hingga 512GB. Perangkat tersebut juga akan dapat menjalankan fitur-fitur Apple Intelligence (yang akan dirilis bulan depan) yang dipamerkan di WWDC tahun ini.

Ponsel pintar ini hadir dengan ray tracing yang dipercepat perangkat keras dan mampu menjalankan game judul-judul AAA. Terdapat lembaran termal untuk kinerja berkelanjutan yang lebih tinggi untuk bermain game. Apple mengatakan bahwa duo iPhone 16 hadir dengan 'peningkatan baterai yang besar', tetapi kapasitas pastinya masih belum jelas.

Fitur-fitur lain pada iPhone 16 meliputi port USB-C, SOS darurat melalui satelit, WiFi-7, pengisian daya MagSafe, dan banyak lagi.

iPhone 16 mulai dari USD799 (sekira Rp12,3 juta) sedangkan 16 Plus mulai dari USD899 (sekira Rp13,8 juta) untuk varian dasar 128GB. Prapemesanan dimulai pada Senin, 9 September dengan penjualan dimulai pada 20 September.

Topik Menarik