Update Google Photos, Fitur Baru Permudah Pencarian Foto

Update Google Photos, Fitur Baru Permudah Pencarian Foto

Teknologi | okezone | Sabtu, 7 September 2024 - 16:27
share

JAKARTA - Google Photos mendapatkan update baru yang didukung kecerdasan buatan. Update ini meliputi adanya peningkatan pada fitur pencarian dengan tekonologi AI Gemini.

Adanya peningkatan pada pencarian memungkinkan pengguna menggunakan bahasa sehari-hari untuk deskripsi.

Contoh yang diberikan Google adalah "Emma sedang melukis di halaman belakang". Nantinya akan muncul foto yang sesuai deskripsi tersebut. 

Nantinya pengguna dapat mengurutkan hasil berdasarkan tanggal atau relevansi. Hal ini akan membantu pengguna mencari gambar tertentu menjadi lebih cepat. 

Namun, saat ini pada fitur chatbox bernama Ask Photos tersebut masih tersedia dalam bahasa Inggris untuk semua pengguna di Android dan iOS. Ke depan, akan diperluas ke ke lebih banyak bahasa dalam beberapa minggu mendatang.

Pengguna AS tertentu juga mendapatkan akses awal ke Ask Photos melalui Google Labs, asalkan mereka mendaftar dalam daftar tunggu. Ini meningkatkan pencarian dengan kekuatan Gemini AI. 

Ask Photos memahami konteks galeri foto, mulai dari orang-orang terpenting, hobi, dan makanan favorit.

Dengan demikian, ia dapat menarik detail yang relevan untuk membantu menemukan kenangan tertentu dan mengungkap informasi tentang hidup Anda. 

 

Karena Ask Photos pada dasarnya adalah chatbot di Google Photos, chatbot ini bersifat percakapan. Jadi, jika tidak menemukan apa yang dicari pada percobaan pertama, Anda dapat memberinya petunjuk atau detail tambahan.

Anda juga dapat meminta bantuannya untuk meringkas hal-hal utama yang Anda lakukan dalam perjalanan dan memberi Anda saran untuk foto-foto terbaik dari acara tertentu. Semua ini bekerja melalui keajaiban model Gemini.

Google mengatakan manusia dapat meninjau pertanyaan Ask Photos untuk meningkatkan layanan, tetapi hanya setelah terputus dari Akun Google Anda untuk melindungi privasi Anda. Jawaban yang diberikan Ask Photos kepada Anda tidak ditinjau oleh manusia kecuali jika memberikan umpan balik atau dalam kasus yang jarang terjadi untuk mengatasi penyalahgunaan atau bahaya.
 

Topik Menarik