Daftar Negara yang Sepakat Buang Dolar AS

Daftar Negara yang Sepakat Buang Dolar AS

Terkini | okezone | Senin, 8 Juli 2024 - 17:17
share

JAKARTA - Daftar negara yang sepakat membuang mata uang dolar AS atau fenomena dedolarisasi. Negara ini tidak lagi ingin ketergantungan dolar AS. Sebab, sudah banyak negara menyepakati penguatan kerangka kerja sama Local Currency Settlement (LCS).

Seperti Indonesia dengan Thailand. Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BOT) menyepakati penguatan kerangka kerja sama Local Currency Settlement (LCS) antara kedua negara sejak diimplementasikan pada 2 Januari 2018.

Penguatan kerangka kerja sama LCS antara BI dan BOT meliputi perluasan underlying ke investasi langsung dari sebelumnya hanya untuk perdagangan, serta pelonggaran aturan transaksi valas antara lain terkait pemberian relaksasi penyiapan dokumen transaksi.

Inisiatif ini menunjukkan komitmen yang berkelanjutan dari BI dan BOT dalam mendorong penggunaan mata uang lokal antara kedua negara. Penguatan kerangka LCS dalam Rupiah-Baht mulai berlaku efektif sejak 21 Desember 2020.

Tidak hanya negara ASEAN, negara BRICS (Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan) juga mempunyai misi sama yakni mengurangi penggunaan dolar AS dalam transaksi perdagangan.

Hingga akhir 2023, terdapat 21 negara yang tergabung ASEAN dan kumpulan negara BRICS sepakat tidak menggunakan dolar AS untuk perdagangan global.

Berikut ini daftar negara yang mengurangi ketergantungan dolar AS:

Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, Laos, Kamboja, Brunei Darussalam, Vietnam, Brasil, Rusia, India, China, Afrika Selatan, Jepang, India, UEA, Korea Selatan, Arab Saudi, Eropa.

Topik Menarik