Momen Gajah Mada Bingung Tunjuk Raja Bali, Akhirnya Pilih Anak Pendeta Brahma untuk Memimpin

Momen Gajah Mada Bingung Tunjuk Raja Bali, Akhirnya Pilih Anak Pendeta Brahma untuk Memimpin

Nasional | okezone | Jum'at, 5 Juli 2024 - 05:38
share

Ekspansi wilayah dilakukan Gajah Mada Mahapatih Majapahit mulai membuahkan hasil. Satu wilayah yakni Pulau Bali berhasil ditaklukkan pertama.

Tetapi persoalan baru muncul ketika wilayah Bali takluk dan siapa yang akan memimpinnya di bawah komando Negeri Majapahit.

Sedianya Gajah Mada akan menempatkan bangsawan - bangsawan baru di sana. Memang sifat mereka sangat efisien dan jujur dalam bekerja, namun sayangnya gaya mereka masih terlalu Jawa untuk bisa meraih dukungan besar dari rakyat setempat.

Alhasil Gajah Mada sempat ada keraguan dalam mengambil keputusan. Sang Mahapatih Majapahit itu pun akhirnya mengangkat raja bawahan baru di Bali yang didukung oleh gabungan pejabat pemerintahan Majapahit dan Bali.

Dikutip dari Earl Drake pada bukunya "Gayatri Rajapatni : Perempuan Dibalik Kejayaan Majapahit", Gajah Mada akhirnya memilih Ketut Kresna Kapisan sebagai raja bawahan pertama Majapahit di Bali. Sosoknya merupakan putra bungsu yang bijaksana dari seorang pendeta brahma yang sangat dihormati Gajah Mada.

Topik Menarik