Rupiah Melemah Bikin Maskapai Penerbangan Ketar-ketir, Apa Langkah Kemenhub?

Rupiah Melemah Bikin Maskapai Penerbangan Ketar-ketir, Apa Langkah Kemenhub?

Terkini | okezone | Kamis, 4 Juli 2024 - 10:58
share

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merespon desakan maskapai untuk mencarikan solusi atas peningkatan biaya komponen pada industri penerbangan akibat pelemahan rupiah.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Capt. Sigit Hani Hadiyanto mengatakan saat ini pihaknya mengupayakan dua opsi untuk mereduksi dampak pelemahan pada industri penerbangan.

"Tetapi pemerintah dengan industri akan selalu bekerja sama untuk mengupayakan bahwa hal tersebut tidak menimbulkan konsekuensi yang kemudian berdampak negatif, terhadap industri penerbangan. Kita pastikan bahwa apapun kondisinya, safety pasti harus tetap jadi priority," ujar Sigit dikutip, Kamis (8/7/2024).

Lebih lanjut, Sigit mengatakan untuk mengurangi beban operasional maskapai di tengah pelemahan dolar ini pihaknya akan berkoordinasi dengan AirNav untuk melakukan review terhadap rute-rute perjalanan maskapai. Harapannya bisa mendapatkan rute penerbangan yang lebih efisien, dengan begitu konsumsi bahan bakar juga bisa berkurang.

"Airnav mengupayakan rute-rute yang lebih efisien. Dengan demikian, konsumsi bahan bakar bisa berkurang. Dengan demikian, cost akan lebih rendah," sambung Sigit.

Topik Menarik