Ternyata Begini Asal Mula Natal Identik dengan Pohon Cemara

Ternyata Begini Asal Mula Natal Identik dengan Pohon Cemara

Terkini | okezone | Sabtu, 23 Desember 2023 - 08:03
share

KENAPA natal selalu identik dengan pohon cemara akan diulas pada artikel kali ini. Jauh sebelum munculnya agama Kristen, tanaman dan pohon yang tetap hijau sepanjang tahun memiliki arti khusus bagi manusia saat musim dingin.

Sama seperti orang-orang saat ini mendekorasi rumah mereka selama musim perayaan dengan pohon pinus atau cemara memang sudah dilakukan oleh masyarakat kuno zaman dahulu. Mereka menggantungkan dahan hijau di pintu dan jendela.

Lantas mengapa natal selalu identik dengan pohon cemara? Asal mula pohon Natal sebenarnya berakar di Jerman saat pada masa abad pertengahan.

Mengutip History , semua berawal pada abad ke-16 ketika orang Kristen taat membawa pohon hias ke rumah mereka.

Beberapa membangun piramida Natal dari kayu dan menghiasi pohon tersebut. Hal ini berdasarkan kepercayaan yang dipegang secara luas dari Martin Luther.

(Foto: Finance Online)

Ia merupakan sosok pembaru Protestan abad ke-16 dan menambahkan lilin yang menyala ke pohon untuk pertama kali.

Saat dirinya berjalan menuju rumahnya pada suatu malam musim dingin, dia terpesona oleh kecemerlangan bintang yang berkelap-kelip di tengah pepohonan.

Untuk mengabadikan kembali pemandangan tersebut bagi keluarganya, dia mendirikan sebatang pohon di ruang utama dan menyambungkan ranting-rantingnya dengan lilin menyala.

Topik Menarik