Tunaryo Pimpin DPRD Purworejo Periode 2024-2029

Tunaryo Pimpin DPRD Purworejo Periode 2024-2029

Nasional | purwokerto.inews.id | Selasa, 15 Oktober 2024 - 21:20
share

PURWOREJO, iNewsPurwokerto.id -Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Purworejo masa jabatan 2024-2029 baru saja diambil sumpahnya. Pimpinan DPRD Purworejo akan dipimpin oleh Tunaryo sebagai Ketua, Rochman sebagai Wakil Ketua I dan Frans Suharmaji sebagai Wakil Ketua II.

Ketiganya mengucap sumpah/janji sebagai Pimpinan DPRD Kabupaten Purworejo, dalam Rapat Paripurna di gedung DPRD setempat, Selasa (15/10/2024). 

Pjs Bupati Purworejo Endi Faiz Efendi yakin dengan kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki, Pimpinan DPRD Kabupaten Purworejo mampu menjalankan amanah yang telah diberikan dengan penuh rasa tanggung jawab. Selain itu ia yakin pimpinan DPRD Purworejo mampu menjaga dan menjalankannya sesuai dengan amanat ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Setelah adanya pimpinan yang definitif, lembaga DPRD Kabupaten Purworejo akan semakin solid dalam menjalankan tiga fungsi utamanya yakni fungsi pembentukan peraturan daerah, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan," ujarnya.

Lebih lanjut Pjs Bupati mengatakan sinergitas dan kolaborasi kerja kolektif antara DPRD dan kepala daerah, harus diarahkan secara positif untuk memberikan respon cepat dalam pemecahan persoalan-persoalan kerakyatan di tingkat lokal, membangun kerjasama yang efektif di tingkat regional, serta mendukung suksesnya agenda prioritas nasional.

Terkait pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, menurutnya merupakan momentum tepat untuk menyinkronkan rencana kerja pemerintah pusat dan daerah. 

"Pilkada Serentak 2024 tidak hanya menjadi tanggung jawab dari penyelenggara saja, melainkan juga menjadi tanggung jawab bersama, termasuk pemerintah pusat dan pemerintah daerah, " pungkasnya. 

Sementara menurut Ketua DPRD terlantik Tunaryo mengatakan jika jabatan sebagai Ketua DPRD merupakan kehormatan yang besar sekaligus tanggung jawab yang sangat berat.

"Selanjutnya, kami sebagai Ketua DPRD akan memperjuangkan aspirasi masyarakat. Tantangan kedepan tentunya tidak mudah, namun dengan kerjasama dan sinergitas seluruh elemen kami yakin apa yang menjadi tujuan yaitu kesejahteraan masyarakat dan membangun Kabupaten Purworejo," ujarnya.

Topik Menarik