Apresiasi Penanaman Pohon Mangrove di Pangandaran, Tapi Kemana Kelompok Peduli Sempadan Pantai?

Apresiasi Penanaman Pohon Mangrove di Pangandaran, Tapi Kemana Kelompok Peduli Sempadan Pantai?

Nasional | bandungraya.inews.id | Jum'at, 27 September 2024 - 16:50
share

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID-- Pemilik Cikembulan Pass Toto Hutagalung mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan Pembersihan pantai dan Penanaman Mangrove di Pantai Karang Tirta, Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran. Ia menilai kegiatan ini sangat positif bagi pengembangan pariwisata dan kelestarian laut di kabupater termuda di Jawa Barat itu.

"Kegiatan itu sangat bagus untuk mengembangkan pariwisata di Pangandaran. Sebagai daerah wisata sudah semestinya masyarakat dan TNI menjaga kelestarian pantai, laut, dan alam sebagai satu kesatuan yang utuh," katanya.

Sebagaimana diketahui, Jumat (27/9/2024) pagi, 700/masyarakat dan TNI ramai-ramai membersihkan pantai dan menanam 1.000 pohon Mangrove di pantai Karang Tirta, Pangandaran. Masyarakat terdiri dari unsur ormas, PNS, dan kelompok komunitas peduli pantai dan laut.Ormas terdiri dari unsur GMBI (Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia), FKPPI, dan kelompol komunitas lainnya.

Namun Toto merasa heran karena tak melihat kelompok atau organisasi masyarakat yang mengaku forum dan peduli dengan sempadan pantai. "Tapi pada pelaksanaan kegiatan yang mulia seperti ini kenapa mereka tidak tampak. Kemana mereka?" tanya Toto.

Toto menilai masyarakat harus bersatu padu membangun pariwisata Pangandaran sehingga daerah ini sebagai destinasi wisata yang bisa maju seperti Bali. Apalagi Pangandaran telah menjadi daerah otonom tersendiri dan akan dikembangkan sebagai daerah wisata terbesar di Jawa Barat.

"Masyarakat Pangandaran bersama pemerintah dan investor bersama-sama membangun pariwisata di daerah itu dengan ketenangan dan kenyamanan," katanya.

Di sisi lain, kata Toto, daerah wisata seperti Pangandaran merupakan wilayah strategis yang harus dijaga keutuhannya oleh TNI. Oleh karena itu, katanya, keterlibatan TNI dalam menjaga wilayah pantai harus didukung karena untuk menjaga dan melindungi wilayah kedaulatan Indonesia.

Karena itu, katanya, keterlibatan TNI dalam membersihkan pantai harus didukung dan diapresiasi oleh masyarakat. "Sebagai bagian masyarakat pariwisata saya mengapresiasi kegiatan pembersihan pantai dan penanaman 1.000 pohon Mangrove," kata Toto.***

Topik Menarik