Deretan Pasukan Elite TNI Penjaga Nyawa Paus Fransiskus Selama di Indonesia

Deretan Pasukan Elite TNI Penjaga Nyawa Paus Fransiskus Selama di Indonesia

Nasional | okezone | Selasa, 3 September 2024 - 11:35
share

JAKARTA - TNI telah menyiapkan pasukan khusus hingga penembak runduk (sniper) untuk menjaga Paus Fransiskus selama kunjungannya di Tanah Air. Pemimpin tertinggi gereja Katolik ini akan berada di Jakarta pada 3–6 September 2024.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Agus Hariadi mengatakan, pasukan elite dan penembak jitu yang disiapkan sesuai dengan standar prosedur operasional (SOP) untuk pengamanan tamu negara.

“Ya jelas ada (sniper), itu sudah ada prosedur tetapnya sendiri,” kata Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Agus Hariadi.

Namun demikian, dia tidak merinci jumlah dan penempatan penembak-penembak jitu tersebut. Dia memastikan, pengamanan untuk Paus Fransiskus akan melekat selama di Jakarta.

Sebelumnya, Mabes TNI dan Mabes Polri menggelar apel gelar pasukan untuk pengamanan Paus Fransiskus dan Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024. Apel itu dipimpin oleh Pangkogabwilhan I dan Komandan Korps Brimob Polri.

Dalam apel itu, sebanyak 9.030 prajurit TNI dan polisi disiagakan untuk pengamanan dua kegiatan tingkat dunia tersebut. Dari jumlah itu, 4.300 di antaranya merupakan prajurit TNI, sementara 4.730 merupakan anggota polisi.

Dari prajurit TNI, mereka yang terlibat dalam operasi pengamanan itu berasal dari sejumlah satuan, yaitu Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Komando Garnisun Tetap I/Jakarta, Pusat Polisi Militer (Puspom) TNI, TNI Angkatan Udara, Korps Kavaleri TNI Angkatan Darat, Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI, dan Bintara Pembina Desa (Babinsa).

 

Selanjutnya, dari jajaran Polri, mereka yang terlibat di antaranya berasal dari Brigade Mobile (Brimob) Polri, Densus 88 Anti-Teror, dan Detasemen K9 Polri, kemudian ada juga jajaran polisi dari Polda Metro Jaya.

Sementara untuk skema pengamanan, TNI dan Polri menerapkan sistem pengamanan berlapis Ring 1, Ring 2, dan Ring 3. Pengamanan Ring 1 dilaksanakan oleh Paspampres RI dan melekat kepada Paus Fransiskus.

Topik Menarik