Romo Thomas Ulun: Persiapan Kunjungan Paus Fransiskus Sudah 100 Persen 

Romo Thomas Ulun: Persiapan Kunjungan Paus Fransiskus Sudah 100 Persen 

Nasional | okezone | Senin, 2 September 2024 - 15:27
share

JAKARTA - Juru Bicara Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Romo Thomas Ulun Ismoyo mengatakan persiapan untuk menyambut pemimpin vatikan sudah mencapai 100 persen. Saat ini sudah tidak ada lagi perubahan rencana.

"Paus Fransiskus dijadwalkan akan hadir persiapan itu sudah hampir 100 persen semuanya sudah full. Jadi persiapannya sudah final tidak ada perubahan lagi sekarang semua dalam koordinasi tinggal pelaksanaan," kata Romo Thomas kepada wartawan di Gereja Katedral Jakarta, Senin (2/9/2024).

Lebih lanjut dia mengucapkan terimakasih kasih kepada semua pihak yang Ikut mengambil bagian dalam persiapan menyambut kedatangan Paus ke Indonesia. Dia pun meminta doa kepada masyarakat Indonesia agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

"Mohon doanya semoga lancar doa tak berkesudahan dari Gereja Katolik Indonesia umat-umatnya. Bahkan kami punya tim doa 24 jam untuk kegiatan ini lancar," kata dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kunjungan Paus ke Indonesia Ignasius Jonan mengatakan bahwa Paus Fransiskus merupakan pribadi yang bersahaja. Sehingga nantinya Paus menginap di Kedutaan Vatikan di Indonesia dan dijemput menggunakan mobil sederhana.

"Civil car yang digunakan oleh Sri Paus itu adalah Toyota Kijang Zennix ya. kalau (Maung) yang diproduksi di Pindad itu kendaraan yang disebut maung itu adalah kendaraan untuk inspeksi menyapa umat waktu mau misa di GBK gitu,"ucapnya.

"Intinya Bapak Paus akan menginap di Kedubes Vatican jadi tidak menginap di hotel dan juga dari situ acaranya sudah dilaporkan," sambungnya.

Meski begitu, personil gabungan dari aparat keamanan TNI-Polri turut dikerahkan. "Keamanan sih dari TNI-Polri segala macam 3000 lebih lah," tuturnya.

Topik Menarik