Jokowi : Indonesia Komitmen Jadi Bagian dari Solusi Global

Jokowi : Indonesia Komitmen Jadi Bagian dari Solusi Global

Nasional | okezone | Senin, 2 September 2024 - 09:33
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyebut bahwa perlu adanya langkah dan visi baru agar dapat mewujudkan pembangunan yang adil dan inklusif bagi negara berkembang.Jokowi pun menekankan empat poin, salah satunya Indonesia berkomitmen menjadi bagian dari solusi global membela kepentingan Global South

Hal itu disampaikan Jokowi pembukaan Sesi Joint Leaders Forum Tingkat Tinggi Kemitraan MultiPihak dan Forum Indonesia-Afrika ke-2, di Bali pada hari ini Senin (2/9/2024)

"Untuk itu, saya ingin menekankan 4 poin.
Yang pertama, pencapaian target SDG harus tetap menjadi fokus utama pembangunan global, yang diselaraskan dengan prioritas pembangunan nasional dan regional termasuk Agenda 2063 Afrika dan didukung Kemitraan Multi-Pihak," kata Jokowi dalam sambutannya.

Poin yang kedua, kata Jokowi, Indonesia berkomitmen menjadi bagian dari solusi global membela kepentingan Global South.

"Indonesia berkomitmen menjadi bagian dari solusi global membela kepentingan Global South sekaligus menjadi bridge builder dalam memperjuangkan kesetaraan, keadilan dan solidaritas dalam mempercepat pencapaian SDG. Ini adalah komitmen yang konsisten Indonesia usung sejak Konferensi Asia Afrika 69 tahun yang lalu," tegasnya.

Indonesia, lanjut Jokowi, siap bermitra dengan siapapun, utamanya dengan kawasan Afrika
sebagai kunci agenda pembangunan global.

Menurut Jokowi, hasil kemitraan Indonesia-Afrika sejauh ini sangat nyata membawa peningkatan pesat volume perdagangan dan berbagai kesepakatan perjanjian perdagangan.

"Bahkan, Indonesia-Africa Forum tahun ini telah mencatat kesepakatan bisnis yang nilainyamencapai USD3,5 miliar, hampir 6 kali lipat dari IAF pertama di tahun 2018," ungkapnya.

Selain itu, kata Jokowi, solidaritas global perlu dihidupkan kembali untuk meningkatkan kerja sama
Selatan-Selatan, untuk meningkatkan kerja sama Utara-Selatan sehingga kita dapat saling melengkapi, dapat saling bahu membahu dalam mengatasi tantangan-tantangan global.

"Dan dengan semangat yang sama tahun depan, Indonesia akan menyelenggarakan Platinum Jubilee of the Asian African Conference, memperingati 70 tahun KTT Asia Afrika," tandasnya.

Topik Menarik