WN Mesir Nekat Selundupkan Primata Langka Buat Dijual ke Dubai

WN Mesir Nekat Selundupkan Primata Langka Buat Dijual ke Dubai

Nasional | okezone | Jum'at, 30 Agustus 2024 - 15:32
share

JAKARTA - Bea Cukai Soekarno-Hatta mengamankan seorang WNA asal Mesir berinisial GMA (36), yang mencoba melakukan penyelundupan terhadap tiga ekor primata langka. Pelaku mengaku mendapatkan primata langka itu dari penyedia satwa langka yang ada di Indonesia.

Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Soekarno-Hatta, Gatot Sugeng Wibowo mengungkapkan, primata langka itu akan dibawa ke Dubai, Uni Emirate Arab (UEA) untuk diperjualbelikan.

Berdasarkan keterangan, GMA mengaku mendapatkan primata langka tersebut melalui seorang penyedia satwa langka di Indonesia dengan tujuan diperdagangkan di Dubai, Uni Emirat Arab, kata Gatot Sugeng Wibowo saat konferensi pers, Jumat (30/8/2024).

Tak hanya itu, kepada petugas GMA mengaku telah lama melakukan jual beli satwa langka dari berbagai negara, yang kemudian dipasarkan di negara Timur Tengah dan Afrika.

Pelaku juga mengakui telah lama aktif melakukan jual beli satwa langka dari berbagai negara, terutama negara-negara asia untuk kemudian dipasarkan di negara-negara Timur Tengah dan Afrika, ujar dia.

Modus WNA Mesir Selundupkan Primata

Gatot Sugeng Wibowo menjelaskan adapun modus dari GMA melakukan penyelundupan dengan cara tiga ekor primata langka itu disembunyikan di dalam kardus serta sangkar bambu.

Modusnya yang siamang dimasukan ke karton, kemudian dua dimasukan ke keranjang dari bambu, ucap dia.

Gatot berkata, primata langka itu disamarkan dengan makanan dan pakaian di dalam sebuah koper yang bertujuan untuk mengelabui mesin pemindai.

Kemudian primata langka itu dimasukan ke tas (koper) dicampur dengan makanan-makanan ini, termasuk beberapa ya pakaian. Sehingga, ini mengelabui petugas kalau di X-ray ngga kelihatan, ungkapnya.

Dia menerangkan, pengungkapan upaya penyelundupan itu dilakukan pada 29 Agustus 2024 kemarin. Penindakan bermula dari adanya informasi upaya penyelundupan satwa primata melalui Bandara Soetta.

Topik Menarik