PDIP Belum Resmi Umumkan Cagub Jakarta, Peluang Anies Masih Terbuka?

PDIP Belum Resmi Umumkan Cagub Jakarta, Peluang Anies Masih Terbuka?

Nasional | okezone | Selasa, 27 Agustus 2024 - 10:05
share

JAKARTA - Juru Bicara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Chico Hakim mengungkapkan, Anies Baswedan batal diumumkan sebagai bakal calon gubernur (Bacagub) pada Pilkada Jakarta 2024 karena memang belum jadwalnya. Sempat santer Anies akan diumumkan jadi Bacagub PDIP pada Senin 26 Agustus 2024.

Anies dikabarkan akan dipasangkan dengan kader PDIP, Rano Karno. Keduanya pun kabarnya sudah bertemu membahas berbagai hal di markas PDIP.

"Memang kemarin bukan jadwalnya untuk mengumumkan Cagub dan Cawagub untuk DKI Jakarta,” kata Chico Hakim, Selasa (27/8/2024).

Chico tak menegaskan apakah hal ini artinya Anies masih dalam radar calon yang akan diusung PDIP. Sebab kini, nama Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung pun juga santer dikabarkan akan diusung PDIP di Jakarta.

"Akan diumumkan nanti di gelombang keempat bersama Jawa Timur dan Jawa Barat serta 30an lagi total kabupaten kota,” pungkasnya.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP mengakui adanya aspirasi dari akar rumput yang menginginkan agar menduetkan Pramono Anung dengan Rano Karno pada kontestasi Pilkada Jakarta 2024. Hal ini dikatakan Ketua DPP PDIP,  Djarot Syaiful Hidayat menanggapi pernyataan Bendahara Umum (Bendum) PDIP, Olly Dondokambey yang menyebut Anies Baswedan batal diusung PDIP, dan akan mengusung duet Pramono-Rano Karno.

"Iya (nama Pramono Anung diusulkan jadi Cagub). Karena itu juga ada aspirasi dari bawah, gitu lho ya," kata Djarot dalam jumpa persnya di kantor DPP PDIP, Jalan Diponogoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 26 Agustus 2024.
 

Topik Menarik