Banana Krezzz, Oleh-oleh Khas Karanganyar yang Banyak Diburu

Banana Krezzz, Oleh-oleh Khas Karanganyar yang Banyak Diburu

Nasional | badung.inews.id | Kamis, 8 Agustus 2024 - 15:20
share

KARANGANYAR, iNewsbadung.id - Berwisata di Kabupaten Karanganyar, tepatnya kawasan wisata Tawangmangu ataupun Karangpandan, kurang lengkap kalau tidak membawa oleh-oleh khas.

Salah satu oleh-oleh khas terkenal di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah adalah Banana Krezzz, camilan dari buah pisang yang memiliki sensasi crispy, hingga banyak dinikmati para wisatawan.

Sebagai olahan berbahan pastry, Banana Krezzz dibuat berbentuk unik mirip buah pisang yang dibelah dua, dilengkapi beberapa toping menarik, seperti parutan keju.

Dilihat secara visual, penampilan Banana Krezzz sangat menarik, begitu juga saat dimakan, kenikmatannya begitu terasa, bahkan beragam variasi rasa ditawarkan, seperti original, durian, coklat dan lainnya.

Banana Krezzz dapat ditemukan di
Pusat Oleh Oleh Kampung Banana Krezzz yang terletak di Komplek Rest Area Salam, Karangpandan, tepatnyaJalan Solo Tawangmangu, Desa Salam, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Menempati tanah seluas kurang lebih satu hektar, pengunjung dapat leluasa memgunjungi outlet ini tanpa perlu bingung mencari tempat parkir, karena dapat menampung mobil dan bus dalam jumlah banyak.

Retno Diah Palupi, Manager Toko menyebutkan bahwa selain menyediakan Banana Krezzz, juga memproduksi pisang strudel dan pisang bolen.

Namun, sejauh ini diakui Retno, Banana Krezzz menjadi oleh-oleh paling favorit, karena memiliki sensasi rasa crispy yang sangat disukai pengunjung.

"Apalagi di tempat lain, Banana Krezzz masih jarang ada," ujar Retno Diah Palupi.

Pisang yang dipilih disebutkan Retno Diah Palupi sangat beragam, yakni pisang tanduk, pisang raja dan pisang bawen.

Terkait jumlah penjualan, Retno menyebutkan jika waktu paling ramai adalah weekend dan hari libur, sehingga pada hari-hari tersebut ratusan box Banana Krezzz habis terjual dalam sehari.

Selain Banana Krezzz, pusat oleh-oleh yang telah beroperasi sejak Januari 2022 ini juga memiliki produk best seller lain, yakni Durian Krezzz dan Ubi Krezzz.

Sugeng Dwi Atmo, Official Management Banana Krezz menyebutkan, manajemen terus berinovasi menghasilkan produk baru yaitu Bolen Pisang, Bolen Ubi dan Bolen Durian.

Tidak hanya itu, para pengunjung juga dapat menikmati berbagai masakan kekinian di Salam Koffie dan tersedianya restoran yang biasa melayani wisatawan untuk sarapan, makan siang dan makan malam.

"Beberapa zonasi juga kami sediakan, untuk memudahkan pengunjung berwisata belanja, seperti outlet untuk mendisplai beragam oleh-oleh dan zonasi edukasi untuk produksi," urai Sugeng Dwi Atmo.

Dalam perkembangannya, Banana Krezzz telah melakukan ekspansi pasar, dengan model franchise dan kolaborasi dengan daerah setempat, seperti membuka di Subang, Jawa Barat, terutama wilayah Ciater.

Selain produk pisang, ubi dan durian, manajemen juga mengangkat kearifan lokal berupa nanas, di mana produknya dinamakan Bananas.

Semoga tulisan tentang Banana Krezzz, Oleh-oleh Khas Karanganyar yang Banyak Diburu, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Topik Menarik