Gempa M7,1 Guncang Peru, BMKG Pastikan Tidak Berpotensi Tsunami di Wilayah Indonesia

Gempa M7,1 Guncang Peru, BMKG Pastikan Tidak Berpotensi Tsunami di Wilayah Indonesia

Nasional | sindonews | Jum'at, 28 Juni 2024 - 16:37
share

Gempa dahsyat dengan kekuatan M7,1 telah mengguncang Peru pada hari ini Jumat (28/6/2024) pukul 12:36:36 WIB. Episenter terletak di lepas pantai pada koordinat 15,81° LS 74,32° BB dengan kedalaman hiposenter 28 km.

“Gempa ini merupakan jenis gempa kedalaman dangkal yang dipicu aktivitas subduksi Lempeng Nazca yang tersubduksi menunjam ke bawah Lempeng Amerika Selatan, dengan mekanisme sesar naik (thrust fault),” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Daryono dalam keterangan resminya.

Baca juga:BMKG: Fenomena Urban Heat Island Sebabkan Cuaca di Kota Semakin Panas

Berdasarkan estimasi peta guncangan, gempa ini berpotensi menimbulkan guncangan dengan skala intensitas VII-VII MMI (Kerusakan ringan pada bangunan dengan konstruksi yang kuat) di Atiquipa, Peru. Hingga saat ini, dilaporkan beberapa orang terluka dan terjadi kerusakan ringan hingga moderat.

Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memberikan informasi awal bahwa gempa ini berpotensi tsunami dengan ketinggian 1-3 meter di Peru. Tsunami kecil tercatat di Tide Gauge Chala Arequipa dengan tinggi 0,2 m. Pada pukul 13:46:00 WIB, PTWC mengakhiri peringatan dini tsunami untuk wilayah Peru.

Daryono pun memastikan berdasarkan hasil pemodelan tsunami dan analisis yang dilakukan oleh BMKG, gempa Peru ini tidak menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia.

Baca juga:Kenapa Udara Malang Siang Panas dan Dingin Menusuk Malam Hari? Ini Kata BMKG

“Oleh karena itu masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak percaya dengan berita bohong (hoax) atau informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tegasnya.

Topik Menarik