5 Fakta Tessa Mahardhika Sugiarto Jadi Jubir Baru KPK, Kenyang Pengalaman di Polri

5 Fakta Tessa Mahardhika Sugiarto Jadi Jubir Baru KPK, Kenyang Pengalaman di Polri

Nasional | okezone | Minggu, 9 Juni 2024 - 08:28
share

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi memiliki juru bicara (jubir) baru, ia adalah Tessa Mahardhika Sugiarto.

Berikut Fakta yang berhasil dihimpun:

1. Gantikan Ali Fikri

Tessa ditunjuk menjadi jubir definitif menggantikan Ali Fikri yang pada saat itu menjabat sebagai pelaksana tugas (plt).

"Sekarang sudah diangkat Jubir yang definitif Pak Tessa Mahardika," kata Wakil Ketua KPK Johanis Tanak kepada wartawan, Jumat (7/6/2024).

2. Jejak Karir dari Polisi

Sebelum berkiprah di Lembaga Antirasuah, Tessa diketahui mengawali karirnya di Kepolisian RI. Pada 2001, ia masuk ke Akademi Kepolisian.

Mei 2008, ia kemudian menjadi bagian insan KPK. Pada 2012, ia memutuskan pensiun dini saat berpangkat Komisaris Polisi (Kompol) dan fokus di Komisi Antirasuah.

3. Penyidik Senior

Di KPK, ia merupakan penyidik senior. Bahkan, sebelum menjabat jubir ia menduduki kepala satuan tugas (kasatgas) penyidikan.

Tessa pun pernah ambil bagian dalam kasus yang mendapat sorotan publik, mukai dari perkara mantan Menteri Sosial, Juliari Peter Batubara hingga pengadaan KTP elektronik atau e-KTP.

Tessa mendapatkan gelar sarjananya dari Sekolah Ilmu Kepolisian. Kemudian mendapatkan gelar master di bidang komunikasi.

Topik Menarik