Ramalan Jayabaya dan Gempa Megathrust yang Berpotensi Terjadi di Pulau Jawa

Ramalan Jayabaya dan Gempa Megathrust yang Berpotensi Terjadi di Pulau Jawa

Nasional | okezone | Senin, 3 Juni 2024 - 06:04
share

JAKARTA – Nubuat Raja Kediri Prabu Jayabaya tertulis dalam naskah yang dikenal sebagai Ramalan Jayabaya. Konon, dia pernah meramalkan ancaman gempa megathrust yang diperkirakan akan mengguncang wilayah Indonesia, terutama pesisir Pulau Jawa.

Peneliti dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi potensi terjadinya gempa besar diikuti tsunami setinggi hingga 20 meter di Indonesia, yang dikenal sebagai gempa megathrust.

BACA JUGA:

Ini Isi Rahasia Terlarang Kitab Jangka Jayabaya 

Gempa yang diakibatkan oleh megathrust diprediksi terjadi 400 tahun sekali. Di mana gempa yang mengguncang Jawa Barat diperkirakan memiliki kekuatan M 8,9, sementara di Jawa Tengah dan Timur, gempa megathrust diperkirakan akan terjadi dengan kekuatan M 8,8. Dalam skenario lain, kedua gempa tersebut bergabung menjadi satu menghasilkan gempa megathrust dengan kekuatan M 9,1.

Peringatan BNPB dan peneliti tentang potensi gempa dahsyat ini ternyata cocok dengan yang diramalkan Prabu Jayabaya hampir seribu tahun lalu.

 BACA JUGA:

Melansir dari akun tiktok @awaanstory, ramalan Prabu Jayabaya itu diungkap dari Kitab Musaror karangan Sunan Prapen, yang merupakan keturunan ke-4 dari Sunan Giri. Kitab Musaror ini disusun Sunan Prapen pada 1618.

Topik Menarik