Jokowi Sudah Tanda Tangani Daftar Nama Pansel Capim KPK, Ini Komposisinya

Jokowi Sudah Tanda Tangani Daftar Nama Pansel Capim KPK, Ini Komposisinya

Nasional | okezone | Kamis, 30 Mei 2024 - 12:27
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa dirinya telah menyerahkan dan menandatangani penetapan nama-nama Panitia seleksi (Pansel) Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas (dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Pansel KPK sudah saya tanda tangani kemarin sebelum berangkat sudah saya tanda tangani. Ada 9 nama yang masuk tapi saya enggak hafal," kata Jokowi Pasar Lawang Agung Musi Rawas Utara, Kamis (30/5/2024).

"Pansel KPK tanyakan ke Mensesneg tapi sudah saya tanda tangani kemarin sebelum saya berangkat," tambahnya.

BACA JUGA:

Kunjungi Sumatera Selatan, Jokowi Cek RSUD hingga Serahkan Bantuan Pangan 

Terkait komposisi 9 calon pansel KPK itu, Jokowi menyebut bahwa diisi dari unsur pemerintah dan profesional secara seimbang.

"Saya nggak tahu unsur pemerintah berapa profesional berapa. Tapi saya kira apa 50-50 lah," kata Jokowi.

 BACA JUGA:

Diberitakan sebelumnya, Jokowi mengatakan bahwa Pansel Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK akan diumumkan pada bulan Juni mendatang.

"Iya (diumumkan bulan Juni), ini baru menyiapkan untuk anggota-anggota dari pansel," kata Jokowi di Pasar Sentral Lacaria, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024).

Jokowi menyebut bahwa pansel Capim KPK nantinya akan diisi oleh tokoh-tokoh yang dinilai baik dan memiliki integritas serta fokus terhadap pemberantasan korupsi.

Topik Menarik