5 Fakta Gunung Ruang Kembali Erupsi, Status Awas hingga Evakuasi 12 Ribu Warga

5 Fakta Gunung Ruang Kembali Erupsi, Status Awas hingga Evakuasi 12 Ribu Warga

Nasional | okezone | Rabu, 1 Mei 2024 - 05:17
share

LANGIT di Kota Manado terlihat gelap gulita seakan mendung, karena disebabkan letusan Gunung Ruang di Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), pada Selasa 30 April 2024 pagi.

Akibat dampak erupsi, operasional bandara internasional Sam Ratulangi Manado ditutup sementara. Berikut sejumlah faktanya:

1. Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado Ditutup

"Mendasari hasil pengamatan aktivitas abu vulkanik gunung ruang dan Notam : A1144/24 NOTAMN, demi menjaga aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, operasional bandara Internasional Sam Ratulangi Manado ditutup sementara sampai dengan Selasa 30 April 2024 pukul 12.00 Wita," ujar Humas Bandara Sam Ratulangi Manado, Yanti Pramono.

Diketahui, Gunung Ruang pertama kali erupsi pada Selasa (16/4) malam. Sekira seminggu terhenti, Gunungapi stratovolcano Tipe-A dengan ketinggian 725 meter di atas pemukaan laut ini kembali erupsi pada Selasa (30/4).

Saat ini, Gunung Ruang berada pada Status Level IV (Awas), masyarakat di sekitar Gunung ruang dan pengunjung atau wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

2. Status Gunung Ruang Dinaikin ke Level IV

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengungkapkan status Gunungapi Ruang dinaikin menjadi level IV atau 'Awas' per hari ini, Selasa (30/4).

"Per dini hari tadi pukul 01.30 WITA itu statusnya kembali dinaikkan oleh pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi dari level III menjadi level IV," kata Abdul Muhari dalam keterangannya yang disiarkan YouTube BNPB Indonesia, Selasa (30/4/2024).

Topik Menarik