Gudang Peluru Kodam Jaya Meledak, Komisi I DPR Minta TNI Siapkan Standar Perawatan Alutsista

Gudang Peluru Kodam Jaya Meledak, Komisi I DPR Minta TNI Siapkan Standar Perawatan Alutsista

Nasional | okezone | Senin, 1 April 2024 - 04:45
share

JAKARTA - Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid meminta TNI menyiapkan standar penanganan pengamanan dan perawatan alutsista, menyusul terbakarnya Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Paldam Jaya di Ciangsana, Kabupaten Bogor, pada Sabtu 30 Maret 2024 malam.

"TNI AD harus menyiapkan standar penanganan pengamanan pemeliharaan dan perawatan alutsista, terutama yang lokasi penyimpanannya berada di daerah padat penduduk seperti yang terjadi di Bekasi kemarin," kata Meutya kepada wartawan, Minggu (31/3/2024).

Meutya berharap TNI AD bisa memperbaiki hal tersebut, sekaligus melaksanakan petunjuk teknis mengenai pemeliharaan dan perawatan amunisi di lingkungan TNI secara lebih ketat.

Penanganan insiden ini dilakukan secara cepat dan tepat guna menghindari kerusakan lebih banyak terhadap fasilitas TNI maupun warga sekitar, ujarnya.

Ia berharap TNI AD mendata segala kerugian masyarakat terkait kerusakan rumah warga yang terdampak akibat ledakan dan kebakaran tersebut.

"TNI AD harus bertanggung jawab mengganti kerugian jika ada kerugian di masyarakat akibat kejadian kebakaran itu," pungkasnya.

Sebelumnya Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan tidak ada korban jiwa dalam ledakan Gudang Amudinis Daerah Paldam Jaya.

"Tidak ada korban baik dari TNI maupun warga," kata Agus saat meninjau Gudmurah pascakebakaran.

Agus menyampaikan bahwa TNI masih menginvestigasi penyebab kebakaran dan ledakan gudang peluru tersebut.

Menurutnya dalam gudang yang terbakar banyak amunisi yang telah kedaluwarsa dan rencana akan diledakkan (disposal).

"Memang di gudang itu merupakan amunisi yang sudah kedaluwarsa dan akan segera didisposal," ungkap dia.

Topik Menarik