Kisah Haji Bolot Pernah Tinggal di Bekas Kandang Kambing, Kini Punya Ratusan Kontrakan

Kisah Haji Bolot Pernah Tinggal di Bekas Kandang Kambing, Kini Punya Ratusan Kontrakan

Nasional | BuddyKu | Minggu, 9 Juli 2023 - 18:04
share

JAKARTA, iNews.id - Banyak artis yang meniti karier dari bawah dengan kondisi ekonomi serba pas-pasan. Namun berkat ketekunan dan konsistensinya di dunia hiburan banyak yang sukses dan memiliki kehidupan lebih baik.

Salah satunya komedian Haji Bolot. Siapa sangka artis yang berasal dari pemain lenong Betawi ini pernah tinggal di bekas kandang kambing.

Namun, pemilik nama asli H Muhammad Sulaeman Harsono (81) ini berhasil bangkit. Bahkan, di hari tuanya dia memiliki ratusan rumah kontrakan.

Diketahui, Haji Bolot hanya menempuh pendidikan hingga sekolah dasar (SD). Setelah lulus, dia pengembara di kampung orang.

Pada 1960-an, Haji Bolot sempat menjadi buruh di Pelabuhan Tanjung Priok. Upah yang didapatkan kala itu hanya Rp20 perak sehari.

Akibat keterbatasan ekonomi, Haji Bolot terpaksa tinggal di bekas kandang kambing karena belum memiliki rumah. Saat itu, dia tinggal bersama istri dan kedua anaknya. Adapun kandang kambing tersebut adalah pemberian dari neneknya.

Ketika hujan, Haji Bolot harus menutupi atap menggunakan daun bacang karena bocor. Setelah anak ketiga lahir, dia memilih pindah rumah.

Kehidupan yang begitu sulit perlahan membaik setelah terjun sebagai pemain Lenong Betawi sejak 1964. Hingga saat ini, Haji Bolot menjadi salah satu seniman Betawi yang terkenal dan sukses.

width=560

Untuk mempertahankan ekonomi keluarga, dia memilih investasi dengan membangun rumah kontrakan. Rumah tersebut menjadi tabungan di masa tuanya.

Meskipun sudah terkenal dan sukses di dunia hiburan, Haji Bolot tetap rendah hati dan tidak sombong. Dia ingin menikmati hidup apa adanya tanpa memamerkan kesuksesan yang sudah diraihnya hingga sekarang.

Dalam setiap lawakannya, H Bolot dikenal sebagai pria tunarungu. Dia hanya dapat mendengar jika berhubungan dengan wanita, uang dan makanan. Karakter ini sangat kuat sehingga apapun yang dilakukan H Bolot sebagai orang budeg mengundang gelak tawa.

Itulah kisah artis Haji Bolot pernah tinggal di bekas kandang kambing kini punya ratusan kontrakan yang bisa menginspirasi banyak orang.