Berawal dari Sebuah Musyawarah, Begini Asal-usul Nama Ponorogo

Berawal dari Sebuah Musyawarah, Begini Asal-usul Nama Ponorogo

Nasional | BuddyKu | Rabu, 22 Februari 2023 - 07:16
share

DI BALIK nama, terselip semua cerita. Seperti misalnya saja asal-usul nama Kabupaten Ponorogo yang terletak di Provinsi Jawa Timur dan terkenal dengan kebudayaan reognya.

Perlu diketahui, ternyata nama Ponorogo lahir dari sebuah musyawarah. Ya, asal-usul nama Ponorogo ini bermula ketika beberapa tokoh terlibat sebuah diskusi untuk mencapai kesepakatan.

Mengutip laman resmi ponorogo.go.id yang mengutip dari buku \'Babad Ponorogo\', tokoh yang dimaksud terdiri dari Raden Bathoro Katong, Kyai Mirah, Selo Aji dan Joyodipo.

Mereka semua berkumpul di hari Jumat ketika bulan purnama, tepatnya di tanah lapang yang tak jauh dari gumuk.

Kabupaten Ponorogo
(Foto: Dok. Choy Najieb)

Dalam diskusi, tercetus lah sebuah kepekatan untuk memberi nama \'Pramana Raga\'. Lambat laun, nama Pramana Raga ini berubah menjadi Ponorogo. Lalu apa makna sebenarnya dari Pramana Raga?

Pramana berarti daya kekuatan dan rahasia hidup. Adapun Raga adalah badan atau jasmani. Jika keduanya digabungkan dapat bermakna tubuh manusia menyimpan rahasia hidup yakni olah batin yang mapan. Ini berkaitan erat dengan pengendalian sifat aluwamah , shufiyah , amarah, dan mutma\'innah .

Manusia juga dikatakan mapan dalam menempatkan diri entah di mana saja dan kapan saja.

Ponorogo sendiri terletak terletak di bagian barat Provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah.

Mengutip Wikipedia , berdasarkan hasil Sensus Penduduk 2022, jumlah penduduk Kabupaten Ponorogo adalah 964.253 jiwa.

Kabupaten Ponorogo

(Foto: Dok. Wahyu)

Hari jadi Kabupaten Ponorogo diperingati setiap tanggal 11 Agustus. Hal itu dikarenakan karena pada tanggal 11 Agustus 1496, Bathara Katong dinobatkan sebagai adipati pertama Kadipaten Ponorogo.

Selanjutnya, pada 1837, Kadipaten Ponorogo pindah dari Kota Lama ke Kota Tengah menjadi Kabupaten Ponorogo. Adapun sejak 1944 hingga sekarang Kabupaten Ponorogo sudah berganti kepemimpinan sebanyak 16 kali.

Topik Menarik