Daftar Lengkap Brevet di Lingkungan TNI AU

Daftar Lengkap Brevet di Lingkungan TNI AU

Nasional | BuddyKu | Minggu, 12 Februari 2023 - 07:36
share

TNI AU memiliki berbagai penghargaan berupa brevet/wing untuk mereka yang berhak dan pantas menerimanya. Salah satunya adalah Brevet atau Wing Penerbang TNI AU.

TNI AU juga memberikan wing kehormatan kepada pihak-pihak yang dipandang berhak, sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa, kerja sama, dan dukungan yang telah diberikan dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan negara. Bukan hanya prajurit militer yang bisa mendapatkannya, namun Wing Kehormatan Penerbang TNI AU juga bisa diberikan kepada warga sipil dan anggota Polri.

Beberapa tokoh dari kalangan sipil yang menerima Wing Kehormatan Penerbang Kelas 1 TNI AU adalah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Ketua DPR RI Puan Maharani. Ada pula mantan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi dan mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida S. Alisjahbana.

Pada Agustus 2022, Brevet Wing Kehormatan Penerbang Kelas I TNI AU diberikan oleh KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo kepada KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Penganugerahan itu diberikan di Skadron Udara 17 Halim Perdanakusuma, Jakarta. Dudung melaksanakan joy flight sebelum menerima penghargaan. Joy flight tersebut dilakukan dengan menggunakan pesawat F-16 Fighting Falcon yang memiliki rute Lanud Halim-Pelabuhan Ratu-Lanud Halim selama 30 menit.

Dari sisi Polri, beberapa jenderal polisi juga tercatat pernah mendapatkan Brevet Wing Kehormatan Penerbang Kelas 1 TNI AU. Mereka di antaranya adalah Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian, dan mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis.

Selain Brevet/Wing Penerbang, TNI AU juga memiliki brevet/wing lainnya, yakni:

- Brevet/Wing Sar

- Brevet/Wing Tembak

- Brevet/Wing Radio Udara

- Brevet/Wing Dokbang, Para

- Brevet/Wing Para, Komando, Kesehatan

Topik Menarik