Saat Rusia Gencatan Senjata, Jerman Umumkan Bakal Pasok 40 Tank Marder 1 ke Ukraina

Saat Rusia Gencatan Senjata, Jerman Umumkan Bakal Pasok 40 Tank Marder 1 ke Ukraina

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 6 Januari 2023 - 20:54
share

BERLIN, iNews.id Jerman berencana untuk memasok Ukraina dengan 40 tank tempur infanteri Marder 1. Berlin juga berniat untuk mempersiapkan pengiriman kendaraan militer itu pada kuartal pertama tahun ini.

Untuk Marder, kita berbicara tentang satu batalion, yang terdiri atas sekitar 40 kendaraan, dan 40 kendaraan ini harus disiapkan untuk dikirim ke Ukraina pada kuartal pertama, kata Juru Bicara Kabinet Jerman, Steffen Hebestreit, Jumat (6/1/2023).

Pada Kamis (5/1/2023) kemarin, Presiden AS Joe Biden dan Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan dalam pernyataan bersama bahwa Washington DC dan Berlin bermaksud untuk memasok Ukraina dengan kendaraan tempur infanteri. Kedua negara sekutu Barat itu juga ingin melatih pasukan Ukraina untuk menggunakannya.

Kementerian Luar Negeri Rusia sebelumnya mengirim catatan ke negara-negara NATO, yang mengindikasikan bahwa mereka sedang bermain api dengan memasok senjata ke Ukraina.

Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengingatkan, langkah Barat yang terus memompa Ukraina dengan berbagai macam senjata tidak akan berkontribusi pada keberhasilan negosiasi damai. Sebaliknya, tindakan semacam itu jusru semakin memperburuk konflik.

Rusia mulai memberlakukan gencatan senjata sepihak di Ukraina seperti yang diperintahkan oleh Presiden Vladimir Putin sejak Jumat (6/1/2023) siang waktu Moskow. Penghentian serangan oleh pasukan Rusia itu diterapkan di seluruh medan pertempuran.

Topik Menarik