15 Kue Jajanan Pasar Paling Populer, Tak Boleh Dilewatkan!

15 Kue Jajanan Pasar Paling Populer, Tak Boleh Dilewatkan!

Nasional | BuddyKu | Rabu, 23 November 2022 - 13:53
share

Indonesia memiliki beragam kuliner yang nikmat untuk disantap. Salah satunya adalah kue jajanan pasar.

Beraneka kue jajanan dapat kamu pilih untuk mengisi perut kamu saat pagi maupun dijadikan hidangan tertentu.

Jajanan pasar di setiap daerah di Indonesia sangat berbeda-beda jenisnya. Namun, jajanan yang paling digemari seringkali bercita rasa manis dan termasuk kue basah.

Berikut ini beberapa daftar jajanan kue pasar paling populer yang bisa kamu beli.

1. Lemper

lemper
Kue jajanan pasar, lemper (id.wikipedia.org)

Kue jajanan pasar yang satu ini, bisa kamu makan kapan saja sebagai camilan yang bergizi dan mengenyangkan. Camilan ketan beras ini dapat diisi dengan ayam, abon, atau berbagai isian lainnya.

2. Kue Lumpur

Kue Lumpur
Kue Lumpur (Instagram.com/kuebasah_mbaii)

Memiliki rasa yang manis, kue jajanan pasar ini juga yang paling populer disajikan menjadi hidangan pembuka atau penutup.

Kue lumpur memiliki tektsur yang lembut dan kenyal. Di bagian atasnya juga seringkali ditambahkan kismis, keju, meses, dan lainnya.

3. Kue Talam

Kue talam
Kue talam (instagram.com/sajianselera)

Kue talam merupakan kue jajanan pasar yang juga memiliki rasa manis dan sering ditemukan dalam snack box. Kue ini terbuat dari tepung sagu, tepung beras, pandan atau daun suji serta bahan lainnya, seperti ubi.

4. Bolu kukus

bolu kukus
Ilustrasi bolu kukus (cookpad.com/@PutriRea)

Bolu kukus mekar menjadi salah satu jajanan kue pasar yang paling disukai oleh anak-anak. Jajanan ini berbentuk bunga yang mekar dan cukup lembut saat dimakan, sehingga ini membuat jajanan ini sangat disukai.

5. Kue Lapis

 kue lapis
Ilustrasi kue lapis (en.m.wikipedia.org)

Kue lapis memiliki cita rasa yang manis dan beraroma harum. Camilan ini cukup unik dan memiliki bentuk yang cantik.

Ini karena kue ini berlapis-lapis dan biasanya dipotong kotak-kotak. Bahan dari kue ini terbuat dari tepung beras, kanji, santan, gula pasir, dan garam.

6. Nagasari

 nagasari
Ilustrasi nagasari (boladeli.id)

Camilan tradisional ini termasuk dalam kue basah jajanan pasar. Terbuat dari bahan tepung beras, sagu, dan santan, serta berisi pisang, kue basah ini menjadi bercita rasa manis dan gurih.

7. Dadar Gulung

dadar gulung
Ilustrasi dadar gulung (instagram.com/lina_dharmaputra)

Dadar gulung adalah makanan khas Bandung berisi gula merah serta parutan kelapa yang digulung dalam kulit berwarna hijau.

Jajanan kue basah ini memiliki rasa yang manis, dan lembut saat di makan, sehingga tak heran jika banyak yang memfavoritkannya.

8. Cenil

 cenil
Ilustrasi cenil (boladeli.id)

Cenil adalah dibuat dari bahan dasar singkong dan dicampur dengan tepung kanju, serta ketan. Biasanya, ini disajikan dengan parutan kelapa dan saus gula jawa yang manis.

Jajanan kue pasar ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis, serta berwarna cerah.

9. Kue Ape

kue ape
Ilustrasi kue ape (id.wikipedia.org)

Kue Ape menjadi makanan khas Betawi yang tak boleh dilewatkan saat kamu membeli jajanan kue pasar. Makanan ini berwarna hijau dan berbentuk bulay pipih dengan bagian tengah yang menonjol.

Kue Ape memiliki rasa yang gurih dan manis. Ini membuat seseorang yang memakan kue ini menjadi ketagihan.

10. Kue Pancong

kue pancong
Ilustrasi kue pancong (blog.tokowahab.com)

Kue jajanan pasar populer selanjutnya adalah kue pancong. Kue ini tak berbeda jauh dari kue pukis, namun rasa dan tekstur dari keduanya sangat berbeda.Kue pancong ini terbuat dari campuran tepung beras, kelapa dan gula putih.

11. Kue Cubit

kue cubit
Ilustrasi kue cubit (instagram.com/@ninifebriani)

Kue cubit adalah jajanan kue pasar yang dibuat dengan menggunakan bahan dari campuran susu dan tepung terigu.

Kue ini dimasak menggunakan cetakan baja khusus agar cepat matang dan disajikan dengan berbagai topping seperti meses atau keju.

12. Kue sus

kue sus
Ilustrasi kue sus (cookpad.com/@nuy_kitchen)

Kue sus merupakan jajanan kue pasar dengan isian adonan vla vanila. Isian tersebut menjadikan kue ini manis saat dimakan. Namun, seiring berkembangnya dunia kuliner, kini, kue sus tak hanya berisi vla, namun juga cokelat, matcha, kopi hingga keju.

13. Kue pukis

 kue pukis
Ilustrasi kue pukis (id.wikipedia.org)

Makanan ringan ini juga menjadi kue jajanan pasar yang populer. Kue pukis dibuat dari bahan dasar tepung terigu dan dimasak dalam cetakan khusus. Rasanya pun manis dan lembut.

14. Klepon

 klepon
Ilustrasi klepon (unileverfoodsolutions.co.id)

Kue jajanan pasar berikutnya berbahan dasar tepung ketan dan dibentuk menjadi bola-bola kecil, lalu ditaburi parutan kelapa sehingga menjadi lebih nikmat.

15. Onde-onde

 onde-onde
Ilustrasi onde-onde (cookpad.com/@mb_yeyen17_kicthen)

Kue jajanan pasar populer berikutnya adalah onde-onde. Dengan isian kacang hijau dan dilapisi dengan kulit tipis renyah berbahan dasar tepung terigu dengan balutan biji wijen, jajanan ini menjadi paling digemari dan sering disantap saat ingin \'nyemil.

Nah, itulah beberapa kue jajanan pasar yang dapat kamu coba dan beli.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik