Siapa Penduduk Asli Benua Amerika? Ini Sejarah dan Sukunya

Siapa Penduduk Asli Benua Amerika? Ini Sejarah dan Sukunya

Nasional | inewsid | Senin, 21 Februari 2022 - 11:33
share

JAKARTA, iNews.id - Penduduk asli benua Amerika adalah orang pertama yang menempati benua di bagian Utara bumi ini. Berikut sejarah dan nama sukunya lengkap.

Siapakah Penduduk Asli Amerika?

Penduduk asli benua Amerika adalah ras Eskimo dan suku Indian. Namun, saat ini para penduduk asli benua Amerika, yakni suku Indian tinggal di luar Amerika, yakni Meksiko.

Kemudian, ada penduduk Amerika yang berkulit putih merupakan imigran dari Inggris, Italia, dan Prancis. Diketahui, sebesar 75 persen masyarakat setempat tinggal di perkotaan. Adapun, pemusatan penduduk berada di wilayah Amerika Utara dan Amerika Tengah mencapai lebih dari 75 persen.

Melansir buku Bahas Tuntas 1001 IPS SD terbitan Pustaka Widyatama, penduduk asli Amerika Utara adalah Indian Amerika, Eropa, Eskimo, Asia dan Afrika Hitam. Sedangkan, Pada wilayah Amerika Tengah ditempati oleh orang Indian dan imigran dari Spanyol.

Letak Astronomis Benua Amerika

Letak astronomis benua Amerika berada di 83LU-55LS dan 35BB -170BB. Dengan letak tersebut, Amerika Serikat memiliki iklim Kutub di bagian Utara dan Selatan.

Kemudian, di bagian pantai Barat pulau Api-api memiliki iklim kutub. Iklim kering atau iklim semi gurun terdapat di sekitar pantai Barat sampai wilayah pantai Amerika Utara.

Iklim stepa terdapat di sebelah Timur pegunungan batu sampai ke Kanada di Amerika Utara, serta dataran Tinggi Brazilia di Amerika Selatan. Terakhir, kawasan Amerika Tengah, Utara, dan Selatan memiliki iklim tropis lembab.

Selamat belajar penduduk asli benua Amerika adalah Eskimo dan suku Indian!

Topik Menarik