Salut, Puluhan Gangster di Kota Semarang Bubarkan Diri dan Minta Maaf Pada Warga

Salut, Puluhan Gangster di Kota Semarang Bubarkan Diri dan Minta Maaf Pada Warga

Terkini | muria.inews.id | Selasa, 1 Oktober 2024 - 18:40
share

SEMARANG.iNewsMuria.id – Salut, puluhan gangster yang kerap melakukan tawuran di Kota Semarang menyatakan membubarkan diri di Aula Lantai 3 Mapolrestabes Semarang, Selasa (1/10/2024).

Deklrasai pembubaran mereka difasilitasi Polrestabes Semarang. Hadir dalam kegiatan itu tokoh agama, tokoh masyarakat, dan Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Artanto.

Pembubaran ditandai dengan pembacaan deklarasi yang diikuti oleh seluruh anggota gangster. Kemudian penyerahan atribut kelompok kepada kepolisian dan menandatangani naskah deklarasi. 

Dalam deklarasi itu, para anggota gangster dan ketuanya berjanji tidak akan tawuran lagi dan tidak membuat resah warga masyarakat. Mereka juga meminta maaf kepada warga Kota Semarang.

Kapolrestabes Semarang Semarang Kombes Pol Irwan Anwar menyampaikan, fenomena gangster di Kota Semarang merupakan bentuk kenakalan remaja yang menimbulkan keresahan di masyarakat. 

Namun, lanjutnya, kenakalan itu sudah mengarah ke tindakan kriminal dengan membawa senjata tajam dan menimbulkan korban. Sehingga petugas harus mengambil tindakan tegas dengan mengambil langkah hukum. 

“Mereka sudah mengarah ke tindakan kriminal membawa sajam bahkan melakukan tawuran menimbulkan korban luka dan nyawa. Sehingga memaksa para penegak hukum untuk melakukan upaya penindakan,” tegas Kapolrestabes Semarang.

Setelah membubarkan diri, Kapolrestabes Semarang berharap peran keluarga dan lingkungan sekolah untuk membina anaknya guna mencegah dan terulangnya peristiwa yang meresahkan.

“Kami berharap, peran keseluruhan untuk melakukan pembinaan dan pencegahan sehingga fenomena gangster di Semarang tidak muncul kembali,” ujar Kombes Pol Irwan Anwar.

Pasca deklarasi, Kapolrestabes Semarang mengatakan, gangster-gangster yang telah menyatakan membubarkan diri tetap dipantau. Sedang yang belum membubarkan diri, kepolisian akan melakukan pendekatan.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Artanto menyambut baik deklarasi pembubaran gangster yang dilakukan Polrestabes Semarang.  Polres jajaran di Polda Jateng bisa melakukan hal serupa.

"Kita juga akan melakukan giat patroli secara besar untuk memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan masyarakat di Polres  jajaran Polda Jateng," tambah Kombes Pol Artanto. (*)

Topik Menarik