DPUPR Grobogan Perbaiki Water Brug, Talang Air Peninggalan Belanda di Wirosari Yang Jebol

DPUPR Grobogan Perbaiki Water Brug, Talang Air Peninggalan Belanda di Wirosari Yang Jebol

Terkini | muria.inews.id | Jum'at, 27 September 2024 - 17:50
share

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Dinas PUPR Kabupaten Grobogan melakukan perbaikan talang air peninggalan Belanda atau dikenal dengan Water Brug Van Amsterdam di Wirosari, Grobogan, Jumat (27/9/2024).

Perbaikan bangunan peninggalan Belanda tersebut setelah bagian dinding talang air tersebut sepanjang 13 meter jebol diterjang air saat hujan deras pada Rabu (25/9/2024).

Jebolnya dinding Water Brug Van Amsterdam tersebut diduga tidak kuat menahan tekanan air yang tersumbat oleh tumpukan sampah, saat hujan deras mengguyur Wirosari.

Kemungkinan penyebab jebolnya dinding talang air peninggalan Belanda tersebut akibat sumbatan sampah, terlihat dari berserakannya sampah di bagian bawah dinding talang yang jebol.

Adapun perbaikan yang dilaksanakan oleh Dinas PUPR Grobogan saat ini dengan cara memasang bata ditambah kolom besi di bagian atasnya.

Camat Wirosari Purbo Adi Nugroho kepada wartawan mengatakan langkah perbaikan yang dilaksanakan Dinas PUPR setelah pihaknya menghubungi UPTD PUPR Wirosari.

“Jadi setelah ada informasi mengenai jebolnya dinding talang air peninggalan Belanda, kami langsung berkoordinasi dengan UPTD PUPR,” ujarnya.

Water Brug Van Amsterdam yang dibangun sekira 1901, lanjut Camat Probo, selama ini sangat membantu masyarakat terutama para petani di Kelurahan Wirosari.

“Talang air ini membantu kebutuhan air para petani untuk sawah mereka. Dulu bisa optimal, namun saat ini muncul sendimentasi dan sampah, sehingga tidak maksimal fungsinya,” tambahnya.

Menurut Camat Wirosari, untuk penanganan darurat yang dilaksanakan Dinas PUPR informasinya selain pemasangan bata untuk menutup bagian Water Brug yang jebol juga akan diperkuat bagian atasnya.

“Informasinya bagian atas akan dipasang ring besi untuk memperkuat dinding di bagian Water Brug yang jebol. Teknisnya Dinas PUPR yang lebih tahu,” jelasnya. (*)

Topik Menarik