Plt Dirjen PAS Apresiasi Program Dapur Sehat di Rutan Kelas I Medan 

Plt Dirjen PAS Apresiasi Program Dapur Sehat di Rutan Kelas I Medan 

Terkini | medan.inews.id | Jum'at, 27 September 2024 - 07:50
share

MEDAN, iNewsMedan.id – Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI, Reynhard Silitonga,  melakukan kunjungan kerja ke Rumah Tahanan Negara Kelas I Medan pada Kamis (26/09). Kunjungan ini bertujuan meninjau langsung keberhasilan program Dapur Sehat. 

Hadir dalam kunjungan kerja itu, Direktur Pengamanan dan Intelijen (Dir Pamintel) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Teguh Yuswardhie, serta Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi (DirWatKesHab), M. Hilal, didampingi Kakanwil Kemenkumham Sumut, Anak Agung Gde Krisna, Kadivpas Kemenkumham Sumut, Rudy F. Sianturi, dan Kadiv Imigrasi, Yan Wely Wiguna. 

Program Dapur Sehat, yang digagas oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, bertujuan meningkatkan kualitas hidup para narapidana melalui penyediaan makanan bergizi. Selama kunjungan, Reynhard memberikan apresiasi atas kinerja Kakanwil Kemenkumham Sumut dan Kepala Rutan dalam menjalankan program tersebut. 

Ia berharap Dapur Sehat bisa menjadi standar di seluruh Lapas dan Rutan di Sumatera Utara agar setiap warga binaan mendapatkan haknya atas makanan yang layak dan bergizi. 

“Dengan program Dapur Sehat yang kami gagas, saya pastikan setiap warga binaan pemasyarakatan mendapatkan makanan yang layak dan bergizi,” ujar Reynhard. 

Selain itu, Reynhard juga terkesan dengan hasil pembinaan Bimbingan Kerja di Rutan Kelas I Medan. Berbagai produk kreatif, seperti kerajinan tangan, meubel, tas, dan sandal hasil karya narapidana menunjukkan potensi besar mereka untuk kembali ke masyarakat sebagai individu yang produktif. 

“Saya sangat terkesan. Produk-produk unggulan ini tidak hanya mencerminkan keterampilan mereka, tetapi juga menunjukkan potensi besar mereka untuk berkontribusi pada perekonomian setelah mereka bebas,” kata Reynhard. 

Sambil memegang tas buatan warga binaan Rutan Medan, Reynhard menjelaskan produk-produk ini tidak hanya digunakan di dalam rutan, tetapi juga telah dijual di luar. 

“Ini adalah hasil produksi warga binaan, dan produk-produk ini tidak hanya digunakan di dalam rutan, tetapi juga telah dijual di luar, termasuk ke hotel Grand Mercure,” tambahnya. 

Di akhir kunjungannya, Reynhard mengingatkan pentingnya penerapan 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju dalam setiap pekerjaan, yakni deteksi dini, pemberantasan narkoba, sinergi dengan aparat penegak hukum, serta pelibatan lingkungan sekitar.

Topik Menarik