Pertama di Wilayah Sumatera, KAI Resmikan Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan

Pertama di Wilayah Sumatera, KAI Resmikan Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan

Terkini | medan.inews.id | Minggu, 15 September 2024 - 14:20
share

MEDAN, iNewsMedan.id- Sejak diuji coba pada 5 September 2024, layanan Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan telah dimanfaatkan oleh 1.694 penumpang. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat seiring antusiasme masyarakat Sumatera Utara yang mulai merasakan manfaat teknologi ini. 

Pada hari , Sabtu (14/9) kemarin, Direktur Niaga KAI, Hadis Surya Palapa, bersama Kepala KAI Divre I Sumut, Moh. Arie Fathurrochman, secara resmi meluncurkan layanan Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan melalui prosesi pemotongan pita. Ini merupakan layanan pertama yang diterapkan di wilayah Sumatera. 

Dengan teknologi pengenalan wajah, pelanggan tidak lagi perlu membawa tiket fisik atau menunjukkan kartu identitas. Cukup dengan memindai wajah, proses boarding menjadi lebih cepat, efisien, dan aman. Inovasi ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk selalu memberikan pelayanan terbaik. 

“Layanan Face Recognition Boarding Gate ini bukan sekadar adopsi teknologi, tetapi langkah strategis KAI dalam meningkatkan efisiensi serta pengalaman pelanggan. Sistem ini mempercepat layanan, mengurangi antrean, sekaligus memperkuat keamanan di stasiun,” kata Hadis. 

Proses registrasi layanan dapat dilakukan di Stasiun Medan secara gratis dengan bantuan petugas. Pelanggan cukup membawa e-KTP dan mendaftarkannya dengan menempelkan kartu pada perangkat reader serta menempelkan jari telunjuk pada pemindai. Bagi yang tidak memiliki e-KTP, seperti anak-anak atau yang kartu identitasnya rusak, registrasi dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI. 

 

Penumpang Kereta Diprediksi Naik 11 Selama Libur Maulid Nabi 

Jumlah penumpang kereta api selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW diperkirakan naik 11 atau sekitar 3.600 penumpang. Selama periode libur, KAI menyediakan 33.000 kursi dengan tujuan antara lain Stasiun Rantau Prapat, Kisaran, Tanjung Balai, Tebing Tinggi, dan Siantar. 

"Kami mengimbau masyarakat yang akan menggunakan jasa kereta api pada masa liburan ini untuk merencanakan keberangkatan dan memesan tiket lebih awal melalui aplikasi Access by KAI atau kanal resmi lainnya," imbuh Manager Humas KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin.

 

Topik Menarik