Shin Tae-yong Minta Wasit Adil di Pertandingan Timnas Indonesia vs Irak

Shin Tae-yong Minta Wasit Adil di Pertandingan Timnas Indonesia vs Irak

Olahraga | medan.inews.id | Kamis, 2 Mei 2024 - 08:20
share

DOHA, iNewsMedan.id - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong meminta wasit bersikap adil di pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak. 

Timnas Indonesia U-23 kembali fokus untuk meladeni Irak pada perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024. Laga tersebut akan digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB. 

Ini menjadi laga penting buat kedua tim. Pasalnya, pemenang duel ini berhak mendapatkan satu tiket ke Olimpiade Paris 2024. 

Jelang duel krusial ini, Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong (STY) memberi catatan khusus kepada AFC. Menurutnya, Konfederasi Sepak Bola Asia itu harus memperhatikan kualitas wasit. 

Pelatih asal Korea Selatan itu menilai Timnas Indonesia U-23 sudah tampil baik, ketika menelan kekalahan 0-2 dari Uzbekistan pada semifinal Piala Asia U-23 2024, Senin (29/4/2024). Namun, dia menilai hasil akhir bisa saja berubah jika wasit tak membuat beberapa keputusan yang merugikan.

"Di laga semifinal, masih banyak yang saya pikirkan, para pemain sudah main bagus, tapi ada beberapa situasi, terutama karena peluit wasit, (hasil) laga bisa berubah. Jadi itu sulit juga bagi saya dan tim saya," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers, Selasa (1/5/2024).

STY mendesak AFC berlaku adil untuk membuat kompetisi di Asia bisa berkembang. Dia menilai AFC harus bisa memilih wasit yang mampu bersikap adil, sehingga pertandingan berjalan lancar.

"Di masa depan, jika AFC ingin mengembangkan sepak bolanya, harus ada rasa hormat yang mereka berikan kepada semua tim dan pemain, AFC harus netral pada semua tim, saling menghormati,” ucapnya.   

“Saya juga melihat lagi video ulang laga beberapa kali, dan berdasarkan pengalaman saya jadi pelatih, intinya saya hanya ingin minta AFC bisa menghormati semua tim di Asia, sehingga tim yang bertanding bisa saling respek juga," ujarnya.

Menghadapi Irak, STY ingin AFC bisa membuat pertandingan bisa berjalan adil. Sebab, dia menilai Garuda Muda dan Timnas Irak U-23 sedang berjuang untuk mendapatkan posisi ketiga dan lolos otomatis ke Olimpiade.

"Soal lawan Irak, ini adalah laga perebutan tempat ketiga, semua tim tentu akan melakukan yang terbaik dan saya harap semoga AFC membantu pertandingan bisa berjalan adil, agar laga ini bisa berjalan bagus," dia menegaskan.

Topik Menarik